Inilah Beberapa Tips Cara Menggunakan Setrika Uap dengan Benar

Tips Cara Menggunakan Setrika Uap – Jika semua pakaian yang Anda kemas dalam lemari dengan lipatan-lipatan yang mungkin sekali berdampak pada dengan kerutan dalam pada pakaian, setrika kering mungkin tidak cukup untuk mengembalikannya ke kehalusan seperti semula dan akan tetap ada kerutan yang terlihat meskipun telah disetrika. Opsi yang bisa anda coba untuk mengatasi permasalahan ini adalah dengan mencoba merapikannya menggunakan setrika uap.

Setrika uap dapat menangani lipatan-lipatan yang sulit di sebagian besar jenis kain, dan alat ini tidak jauh lebih sulit digunakan daripada setrika kering. Meskipun sebagian besar setrika uap memiliki operasi dasar yang sama, bacalah instruksi yang menyertai setrika Anda dengan hati-hati, karena setiap model memiliki fitur dan spesifikasi sendiri.

Inilah Beberapa Tips Cara Menggunakan Setrika Uap dengan Benar

Penggunaan setrika uap memang tidak sama dengan penggunaan setrika kering dalam hal merapikan kain pada pakaian di mana cara penggunannya tergolong lebih praktis dan mudah dengan hanya tinggal dicolokkan saja pada listrik. Namun begitu hasil merapikan pakaian dengan setrika up akan terlihat lebih bagus dan tentunya diimbangi dengan cara penggunaannya yang benar sesuai prosedur penggunaan yang biasanya telah tertera pada instruksi manual yang ada.

Hal yang tentu harus anda perhatikan dalam penggunaan setrika uap sebagai alat perapih pakaian yang memiliki banyak lipatan-lipatan adalah mengisi tangki air sesuai dengan instruksi produk.

Beberapa model dari setrika jenis ini mungkin ada yang memiliki tangki yang dapat dilepas yang dapat Anda isi secara terpisah, sementara produk sejenis dari merek yang berbeda bisa saja tidak sepraktis yang sebelumnya di mana anda harus membawa setrika sendiri ke bak cuci.

Hal lain yang juga harus diperhatikan dalam penggunaan setrika uap adalah setrika harus dicabut dan dingin. Jangan mengisi tangki lebih tinggi dari garis maks. Pasang kembali tangki ke setrika sesuai dengan instruksi produk jika Anda memiliki tangki yang bisa dilepas. Tancapkan setrika.

Periksa label pada pakaian untuk menentukan pengaturan kain yang tepat. Setel tingkat suhu setrika sesuai dengan perawatan pada kain pakaian, dan tunggu tapak setrika memanas. Beberapa model memiliki lampu yang menyala ketika setrika memanas dan mati ketika mencapai suhu yang diinginkan. Nyalakan fitur uap ketika setrika panas.

Sebarkan garmen di papan setrika dan setrika seperti biasanya, gerakkan setrika dengan butiran kain. Setrika akan mengeluarkan uap secara otomatis saat Anda bekerja. Arahkan setrika dari diri Anda untuk menghindari membakar diri dengan uap.

Setrika bagian dari kain mungkin cukup lama untuk menghaluskannya, namun tidak cukup lama untuk mengeringkannya. Kain harus agak lembab saat Anda selesai menyetrika. Jika Anda menyeterika kain bertumpuk, seperti beludru, pegang setrika sedikit di atas garmen alih-alih menekan bahannya.

Semprotkan kerutan yang dalam dengan fungsi semprotan besi jika air tidak merusak kain. Setrika di bagian yang lembab untuk mengendurkan kerutan. Beberapa bahan bercak saat disemprot, jadi periksa label pakaian sebelum menggunakan fungsi ini. Pastikan bahan kain termasuk yang mudah luntur warnanya atau tidak.

Letakkan setrika pada tumitnya kapan pun Anda ingin meletakkannya. Setelah selesai, cabut steker setrika. Kosongkan air dengan hati-hati saat setrika panas. Letakkan setrika pada tumitnya sampai benar-benar dingin, kemudian bungkus kabelnya dengan longgar dan lepaskan.

Dalam penggunaan setrika uap untuk merapihkan pakaian yang mengerut akibat lipatan-lipatan pada kain, anda akan membutuhkan media pendukung seperti air dan papan setrika.

Tips Merapihkan Pakaian dengan Setrika Uap

Agar kain yang disetrika dapat rapih sesuai dengan yang diharapkan, sebaiknya perhatikan beberapa tips menyetrika dengan setrika uap berikut ini.

  • Gunakan hanya air bersih untuk mengisi tangki Anda. Air beraroma atau air yang mengandung pelembut kain dapat menodai kain.
  • Jika pakaian berwarna gelap, setrikalah bagian kain secara terbalik untuk melindungi warnanya.
  • Matikan setrika sebelum mencabutnya.
  • Jauhkan setrika panas dan kabelnya dari jangkauan anak-anak.
  • Jangan menyeterika langsung di atas tombol karena panas dari setrika dapat melelehkannya.
  • Jangan menyeterika ritsleting atau detail logam lainnya karena dapat menggores pelat sol besi.

Itulah beberapa tips cara menggunakan setrika uap yang bisa anda coba terapkan di rumah. Semoga bermanfaat dan sampai jumpa.

Inilah Beberapa Tips Cara Menggunakan Setrika Uap dengan Benar | ***** | 4.5