Beberapa Jenis Produk Reksadana Yang Perlu Anda Ketahui

Jenis-jenis Umum Produk ReksadanaReksa Dana adalah salah satu alternatif investasi untuk aset keuangan. Reksadana adalah skema investasi kolektif yang dikumpulkan oleh Manajer Investasi dari lembaga atau investor perorangan untuk dikelola secara profesional. Jenis pengelolaan produk reksadana ini bertujuan untuk memberikan capital gain kepada investor selama periode waktu tertentu. Reksa Dana diatur berdasarkan Undang-Undang Pasar Modal Tahun 1995.

Portofolio investasi reksadana dapat terdiri dari sekuritas seperti saham, obligasi, instrumen pasar uang, atau kombinasi dari sekuritas ini.

Beberapa Jenis Produk Reksadana Yang Perlu Anda Ketahui

Saat ini, jenis reksa dana yang tersedia di Indonesia adalah dalam bentuk kontrak investasi kolektif (KIK). Reksa dana dibentuk dari kontrak investasi kolektif antara manajer investasi dan bank kustodian dengan peran masing-masing.

Setelah produk reksa dana didirikan, investor, baik individu atau institusi, dapat menginvestasikan dana mereka ke dalam produk. Manajer investasi bertanggung jawab untuk mengelola dana investasi yang dikumpulkan dengan menempatkannya ke dalam portofolio sekuritas seperti saham, obligasi dan instrumen pasar uang.

Sementara itu, bank kustodian, yang merupakan bagian dari layanan perbankan, bertanggung jawab untuk menyimpan dana investor dan atau portofolio investasi, menyelesaikan transaksi dan administrasi reksadana.

Pemisahan fungsi antara manajer dana dan bank kustodian bertujuan untuk menjaga keselamatan investor saat berinvestasi dalam reksa dana. Perihal produk reksa dana itu sendiri secara umum memiliki beberapa jenis seperti berikut ini.

Jenis Produk Reksadana Secara Umum

  1. Dana Pasar Uang

Dana ini berinvestasi dalam sekuritas pendapatan tetap jangka pendek seperti obligasi pemerintah, surat berharga, akseptasi bankir, kertas komersial, dan sertifikat deposito.

Produk ini umumnya merupakan investasi yang lebih aman, tetapi dengan potensi pengembalian yang lebih rendah daripada jenis reksadana lainnya.

  1. Dana Pendapatan Tetap

Dana ini membeli investasi yang membayar tingkat pengembalian tetap seperti obligasi pemerintah, obligasi korporasi investasi-grade, dan obligasi korporasi hasil tinggi. Produk ini bertujuan untuk memiliki uang yang masuk ke dana secara teratur, sebagian besar melalui bunga yang dihasilkan dana tersebut.

Dana obligasi korporasi dengan hasil tinggi umumnya lebih berisiko daripada dana yang memiliki obligasi pemerintah dan obligasi investasi.

  1. Dana Ekuitas

Dana ini berinvestasi dalam bentuk saham. Dana ini bertujuan untuk tumbuh lebih cepat daripada pasar uang atau dana pendapatan tetap, sehingga biasanya ada risiko lebih tinggi bahwa Anda bisa kehilangan uang.

Anda dapat memilih dari berbagai jenis dana ekuitas termasuk yang berspesialisasi dalam saham pertumbuhan yang biasanya tidak membayar dividen, dana pendapatan yang menyimpan saham yang membayar dividen besar, nilai saham, saham besar, saham menengah , saham kecil, atau kombinasi dari ini.

  1. Dana Seimbang

Dana ini berinvestasi dalam campuran ekuitas dan efek pendapatan tetap. Produk ini mencoba menyeimbangkan tujuan mencapai pengembalian yang lebih tinggi terhadap risiko kehilangan uang.

Sebagian besar dana ini mengikuti formula untuk membagi uang di antara berbagai jenis investasi. Produk ini cenderung memiliki lebih banyak risiko daripada dana pendapatan tetap, tetapi lebih sedikit risiko daripada dana ekuitas murni. Dana agresif memiliki lebih banyak ekuitas dan lebih sedikit obligasi, sementara dana konservatif memiliki lebih sedikit ekuitas dibandingkan dengan obligasi.

  1. Indeks Dana

Dana ini bertujuan untuk melacak kinerja indeks tertentu seperti S & P / TSX Composite Index. Nilai reksa dana akan naik atau turun karena indeks naik atau turun. Dana indeks biasanya memiliki biaya yang lebih rendah daripada reksa dana yang dikelola secara aktif karena manajer portofolio tidak perlu melakukan sebanyak mungkin penelitian atau membuat keputusan investasi sebanyak mungkin.

  1. Dana Khusus

Dana ini fokus pada mandat khusus seperti real estat, komoditas atau investasi yang bertanggung jawab secara sosial. Misalnya, dana yang bertanggung jawab secara sosial dapat berinvestasi di perusahaan yang mendukung pengelolaan lingkungan, hak asasi manusia dan keanekaragaman, dan dapat menghindari perusahaan yang terlibat dalam alkohol, tembakau, perjudian, senjata, dan militer.

  1. Dana dalam Dana

Dana ini berinvestasi dalam dana lain. Mirip dengan dana seimbang, mereka mencoba membuat alokasi dan diversifikasi aset lebih mudah bagi investor. MER untuk dana-dana cenderung lebih tinggi dari reksa dana yang berdiri sendiri.

Sebelum Anda berinvestasi, pahami tujuan investasi dana tersebut dan pastikan Anda nyaman dengan tingkat risikonya. Bahkan jika dua dana dari jenis yang sama, risiko dan karakteristik pengembalian mereka mungkin tidak sama.

Pelajari lebih lanjut tentang cara kerja reksa dana. Anda mungkin juga ingin berbicara dengan penasihat keuangan untuk membantu Anda memutuskan jenis dana mana yang paling memenuhi kebutuhan Anda.

You May Also Like

About the Author: *****

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *