Kiprah Civitas Akademika Dosen IPB di Dunia Pendidikan Tinggi

Berbagai Kiprah Civitas Akademika Dosen IPB – Kampus ternama di Jawa Barat, Institut Pertanian Bogor memiliki banyak dosen IPB yang berdedikasi tinggi dalam mentransfer pengetahuan kepada para mahasiswanya sehingga menghasilkan didikan berkarakter positif, berkepemimpinan kuat, berjiwa wirausaha, juga cerdas dan berintegritas. Para tenaga pendidik profesional ini juga tidak lepas dari melaksanakan tridarma perguruan tinggi dalam hal pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat.

Bidang pertanian, kelautan, dan biosains tropika telah menjadi ragam kompetensi yang menjadi kemahiran para pendidik dari berbagai kompetensi yang dikuasai. Hal ini dibuktikan dengan bermunculannya rujukan dan referensi beragam bidang seperti pengembangan sumber daya alam, manajemen, pembangunan pedesaan, gizi masyarakat, teknologi pangan, peternakan, kehutanan, peternakan, perikanan, pertanian, dan sebagainnya yang mengacu pada karya-karya dosen tersebut.

Kiprah Civitas Akademika Dosen IPB di Dunia Pendidikan Tinggi

Prestasi skala nasional maupun internasional juga telah banyak ditorehkan oleh para dosen IPB, sebut saja Laureate Program Make Our Planet Great Again, International Mollie Holman Medal, Dosen Muda IPB juara pertama L’Oreal UNESCO for Women in Science 2018, dan berbagai prestasi tingkat internasional lainnya yang telah disabet oleh para pendidik perguruan tinggi ini.

Posisi tiga besar bahkan sudah menjadi langganan bagi para pendidik IPB University yang berprestasi dalam menyabet anugrah dosen berprestasi pada tingkat dalam negeri melalui seleksi Kementrian Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi RI.  Selain itu, Best Syariah Awards, Wallacea Grant Award British Council Network Fund, Sarwono Award dan lainnya juga menjadi koleksi prestasi yang berhasil diraih oleh para dosen IPB berprestasi.

Sejak 2008 dan terus kontinu sampai saat ini, dunia pendidikan di Indonesia tidak lepas dari kontribusi inovasi karya dan hasil penelitian, buah pemikiran serta penelitian para pendidik kampus IPB sehingga tidak heran apabila Business Innovation Center Kemenristekdikti RI melabelkan Inovasi Indonesia Paling Prospektif pada inovasi dosen IPB University berkat dominasi inovasinya. Jurnal nasional terakreditasi dan jurnal internasional terindeks scopus menjadi jurnal di mana hasil penelitian ini banyak ditemukan dan menjadi rujukan bagi para peneliti biosains tropika nasional dan internasional.

Sebagai bentuk nyata dalam pengamalan tridarma perguruan tinggi, para pendidik ahli ini juga tanpa ragu untuk terjun langsung ke titik permasalahan di lapangan guna andil dalam pengentasan permasalahan yang dihadapi oleh nelayan, peternak dan petani serta merealisasikan beragam program pengabdian masyaratak agar terciptanya kemanfaatan bagi masyarakat banyak. Diantara garapan program tersebut adalah kampung konservasi, IPB Goes to Field, Posdaya, Sekolah Peternakan Rakyat dan beragam program lainnya yang menyasar banyak kalangan masyarakat pedesaan.

Diantara inovasi, karya dan pernghargaan akademik yang telah ditorehkan oleh para pendidik kampus IPB adalah penghargaan academic leader 2019, buku ekowisata perairan, anugera iptek dan inovasi 2019, sosialisasi perlindungan konsumen, revisi buku Dasgron, olah pikir Sri Setyati Harjadi, anugerah inovasi Jabar 2019 berkat aplikasi penerjemah tangis bayi, award world federation of science Journalists di Swiss, rekayasa genetika pada buah-buahan tak berbahaya, pembuktian sel punca untuk anti aging, pengurangan rasa getir pada daun torbangun, kayu merbau untuk pencerah kulit, kecipir sebagai pengganti kedelai, penghargaan bergengsi ITSF Science and Technology Award, pengembangan rumpon portable untuk tuna, tongkol dan cakalang, modifikasi tepung mocaf untuk solusi penderita diabetes dan obesitas, bibit ubi kayu bebas virus dan beragam inovasi, karya serta penghargaan lainnya.

Kiprah Civitas Akademika Dosen IPB di Dunia Pendidikan Tinggi | ***** | 4.5