Cara Mengatasi Munculnya Tanda Tanya di Mac Setelah Upgrade

Cara Mengatasi Munculnya Tanda Tanya di Mac Berkedip Saat Launch – Bagi anda yang melakukan upgrade Mac dan MacBook ke macOS versi terbaru mungkin berjalan lancar tanpa hambatan.

Karena memang untuk melakukan proses upgrade Mac dan MacBook ke macOS ini caranya cukup mudah seperti anda memasang aplikasi tertentu pada perangkat anda seperti biasa tidak ada perbedaan yang signifikan.

Cara Mengatasi Munculnya Tanda Tanya di Mac Setelah Upgrade

Mac Service

Akan tetapi bagi sebagian orang yang menjalankan proses upgrad Mac dan MacBook ke macOS yang caranya ada yang terlewat atau yang kurang tepat dalam menjalankan proses upgradenya biasanya akan mendapati sedikit kendala seperti munculnya tanda tanya atau pun question mark yang berkedip.

Sedangkan anda bingung juga apa yang harus anda lakukan karena memang anda merasa seluruh tahapan prose upgrade ini sudah anda lakukan dan dikerjakan sebagaimana mestinya.

Muncul tanda tanya juga dimungkinkan telah terjadi error pada saat proses upgrade tersebut, beberapa diantaranya seperti konversi HFS+ ke APFS seperti macOS High Sierra.

Biasanya tanda tanya tersebut muncul bagi anda yang melakukan proses upgrade ke macOS High Sierra versi terbaru.

Baca JugaTutorial Lengkap Cara Install Windows 10 Offline Menggunakan Flashdisk

Cara Mengatasi Munculnya Tanda Tanya di Mac Berkedip Saat Launch

Ketika anda mendapati tanda tanya atau muncul question mark yang berkedip, anda tidak perlu tegang dan khawatir, anda coba untuk membuat diri anda menjadi tenang terlebih dahulu, lalu anda coba beberapa cara mengatasi munculnya tanda tanya setelah upgrade Mac seperti yang dijabarkan pada uraian di bawah ini :

  1. Lakukan proses Off pada Mac atau MacBook anda dengan cara menekan dan menahan tombol power dengan agak lama hingga Mac atau MacBook anda menjadi mati.
  2. Anda masuk pada Recovery Mode dengan cara anda hidupkan kembali Mac atau MacBook anda, apabila muncul suara Booting OS X, anda segera tekan tombol Command + R.
  3. Apabila muncul proses loading, anda tunggu saja hingga anda masuk pada mode pemulihan di layar.
  4. Anda pastikan apakah partisi Mac masih ada atau tidak ada. Jika tidak ada hal ini menunjukan bahwa hard disk akan bermasalah atau rusak. Namun bila masih ada ini menunjukan bahwa yang bermasalah adalah OS Mac itu sendiri.
  5. Selanjutnya yang harus anda lakukan adalah melakukan install ulang Mac dari flashdisk atau install ulang Mac atau MacBook dari Recovery Mode tersebut.
  6. Selesai.

Dengan anda melakukan install ulang maka sistem operasi pada MacOS yang terdapat pada Mac atau MacBook menjadi baru sehingga tidak akan muncul tanda tanya karena proses error atau kesalahan dan kerusakan pada sistem operasi tersebut. Namun bila ketika anda melakukan proses install ulang tersebut gagal, hal ini menunjukkan bahwa hard disk atau SSD Mac anda yang rusak atau bermasalah.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi munculnya tanda tanya di mac setelah upgrade. Tips seputar perangkat kompter dan laptop lainnya dapat selengkapnya anda simka hanya di Gageto.com. Semoga informasi ini bermanfaat. Sekian dan terima kasih.

Loading...
Cara Mengatasi Munculnya Tanda Tanya di Mac Setelah Upgrade | Gageto | 4.5