Tips Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Mudah Aman

Tips Cara Menghilangkan Ketombe – Ketombe adalah kondisi kulit yang mempengaruhi kulit kepala, menyebabkan kulit gatal, mengelupas dan bercak berminyak. Selain mengganggu kesehatan kulit kepala, secara wajar ketombe juga mempengaruhi kepercayadirian seseorang sehingga berbagai cara menghilangkan ketombe mungkin saja akan dilakukan sebagai upaya mengusir dendruff yang mengganggu tersebut.

Penyebab ketombe termasuk dermatitis berdarah, kulit kering, reaksi alergi terhadap rambut dan produk kulit, kondisi kulit lainnya, seperti eksim atau psoriasis, diet, pertumbuhan berlebih dari jamur seperti ragi yang disebut Malassezia.

Tips Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Mudah Aman

Ada banyak obat-obatan topikal yang dijual bebas dan sampo khusus yang mengobati ketombe. Namun anda juga dapat mencoba cara menghilangkan ketombe dengan menggunakan obat alami seperti berikut ini.

Obat Alami untuk Menghilangkan Ketombe

  1. Minyak pohon teh

Minyak pohon teh dapat dimanfaatkan sebagai obat dan tips cara menghilangkan ketombe alami dengan harus melarutkan minyak pohon teh terlebih dulu sebelum digunakan.

Minyak pohon teh adalah minyak esensial yang berasal dari tanaman Melaleuca alternifolia. Secara historis, orang-orang telah menggunakan minyak pohon teh untuk mengobati berbagai kondisi, seperti jerawat, kaki atlet, dan dermatitis.

Minyak pohon teh mengandung senyawa yang disebut terpinen-4-ol, yang memiliki sifat antimikroba yang kuat. Minyak pohon teh yang mengandung terpinen-4-ol konsentrasi tinggi dapat membantu mengurangi ketombe dengan menekan pertumbuhan jamur dan bakteri di kulit kepala.

Menggunakan minyak pohon teh langsung pada kulit kepala dapat menyebabkan peradangan atau ruam, sehingga anda yang tertarik menggunakan minyak pohon teh sebagai obat dan tips cara menghilangkan ketombe dapat mulai dengan menambahkan beberapa tetes pada sampo yang biasa mereka gunakan.

  1. Minyak sereh

Secara tradisional, orang menggunakan serai dan minyak serai untuk mengobati masalah pencernaan, menurunkan tekanan darah, dan mengurangi stres.

Minyak sereh memiliki sifat antimikroba dan anti-inflamasi yang dapat membantu mengurangi gejala ketombe.

Seperti minyak pohon teh, minyak serai dapat menyebabkan iritasi atau reaksi alergi jika seseorang menggunakannya langsung ke kulit. Anda dapat mengencerkan minyak serai dengan air atau mencampurkan beberapa tetes ke dalam sampo atau kondisioner yang biasa digunakan.

  1. Gel lidah buaya

Lidah buaya adalah tanaman sukulen yang dikenal karena khasiat penyembuhannya. Gel dalam daunnya mengandung beberapa senyawa bioaktif, seperti asam amino dan antioksidan, yang dapat mengurangi ketombe.

  1. Asam lemak omega-3

Asam lemak omega-3 dapat menurunkan tekanan darah, meningkatkan kadar kolesterol HDL “baik”, dan mendukung kesehatan jantung dan otak. Kekurangan asam lemak ini dapat menyebabkan gejala yang merugikan, seperti ketombe, kuku rapuh, dan kulit kering.

Omega-3 memberikan beberapa manfaat kulit, seperti mengelola produksi minyak, mengatur peradangan, meningkatkan hidrasi, mengurangi tanda-tanda penuaan, Makanan yang mengandung omega-3 dalam jumlah besar termasuk salmon, mackerel, dan kenari. Orang juga dapat mengonsumsi suplemen omega-3.

  1. Aspirin

Aspirin adalah pereda nyeri OTC yang berpotensi mengurangi gejala ketombe. Aspirin mengandung asam salisilat, bahan aktif yang biasa digunakan dalam sampo ketombe.

Asam salisilat dapat membantu mengelupas serpihan ketombe berlebih, mencegah penumpukan minyak, dan mengurangi peradangan pada kulit kepala.

Untuk menggunakan asam salisilat pada ketombe, coba hancurkan satu atau dua tablet aspirin yang tidak dilapisi ke dalam bubuk halus dan campur daya dengan sedikit sampo biasa.

Di kamar mandi, oleskan campuran ke rambut dan biarkan di sana selama beberapa menit sebelum membilasnya.

  1. Memanggang soda

Sodium bikarbonat, yang dikenal banyak orang sebagai baking soda, dapat membantu mengurangi ketombe. Soda kue adalah pengelupas yang dapat mengangkat sel-sel kulit berlebih dan minyak pada kulit kepala.

Soda kue juga memiliki sifat antijamur yang dapat membantu melawan jamur yang menyebabkan ketombe.

Soda kue memiliki tingkat pH yang sangat tinggi, yang dapat merusak kulit kepala jika seseorang menggunakannya terlalu sering. Menggunakan terlalu banyak baking soda dapat mengupas rambut dari minyak alami, yang dapat menyebabkan kekeringan atau iritasi, sehingga orang harus menggunakannya dalam jumlah sedang.

  1. Seng

Seng adalah mineral yang mendukung sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan pertumbuhan sel. Anda bisa mendapatkan seng dari protein hewani, kacang-kacangan, dan biji-bijian.

Banyak shampo ketombe mengandung zinc pyrithione karena mencegah pertumbuhan jamur dan menghilangkan kelebihan sel kulit dari kulit kepala.

  1. Minyak kelapa

Minyak kelapa dapat membantu meningkatkan hidrasi, mengurangi iritasi, dan mencegah pertumbuhan jamur pada kulit kepala.

Anda dapat mencoba mengoleskan minyak kelapa langsung ke kulit kepala sebelum mencuci atau mencoba berkeramas dengan menggunakan sampo yang mengandung minyak kelapa.

  1. Perubahan diet

Makanan dapat memiliki efek dramatis pada tubuh. Makanan mungkin bukan akar penyebab ketombe, tetapi mungkin memperburuk gejala.

Buah dan sayuran mengandung banyak vitamin, mineral, dan antioksidan penting yang dapat membantu mengurangi peradangan.

  1. Kurangi stres

Stres memainkan peran penting dalam kesehatan keseluruhan seseorang. Stres yang berkepanjangan dapat menyebabkan peningkatan tekanan darah, detak jantung, dan peradangan.

Meskipun stres mungkin tidak secara langsung menyebabkan kelainan kulit, itu dapat memperburuk atau memicu yang sudah ada.

Dapat disimpulkan bahwa ketombe adalah kondisi kulit yang menyebabkan kulit gatal dan bersisik di kulit kepala. Kondisi ini dapat memengaruhi kepercayadirian seseorang dan kualitas hidup secara keseluruhan.

Tidak semua pengobatan rumahan secara mandiri dari tips cara menghilangkan ketombe seperti yang diulas di atas akan berdampak efektif bagi setiap orang yang mencobanya. Siapa pun dengan kondisi kulit yang mendasarinya, seperti eksim atau psoriasis, mungkin perlu berkonsultasi dengan dokter sebelum mencoba obat alami baru.

Tips Cara Menghilangkan Ketombe Secara Alami Mudah Aman | ***** | 4.5