Pengertian Obligasi dan Bagaimana Cara Kerjanya

Apa Itu Obligasi ?  – Jenis investasi pendapatan tetap di mana penerbit obligasi meminjam uang dari investor, investor menerima obligasi dan dalam kasus obligasi plain-vanilla tradisional, jadwal pembayaran bunga yang dijanjikan, disebut pembayaran kupon bersama dengan tanggal ketika pinjaman akan dilunasi penuh, yang dikenal sebagai tanggal jatuh tempo merupakan eksplanasi dari pengertian obligasi.

Beberapa obligasi diterbitkan dengan harga diskon dan jatuh tempo pada nilai penuh. Ini dikenal sebagai obligasi tanpa kupon. Obligasi lain memiliki hak istimewa yang melekat padanya, seperti kemampuan untuk dikonversi menjadi saham biasa pada jangka waktu tertentu, tanggal tertentu, dan pada harga tertentu atau familiar dengan istilah obligasi konversi yang erat kaitannya dengan saham preferen yang dapat dikonversi.

Pengertian Obligasi dan Bagaimana Cara Kerjanya

Obligasi dapat diterbitkan oleh semua jenis lembaga dan pemerintah termasuk pemerintah Federal (obligasi berdaulat) pemerintah negara bagian (obligasi kota), perusahaan (obligasi korporasi) , dan lainnya. Salah satu daya tarik utama obligasi, dari perspektif penerbit obligasi, adalah bahwa mereka menurunkan biaya modal. Pertimbangkan bisnis yang berkembang pesat dengan pengembalian aset yang tinggi, mungkin sebuah restoran yang dengan cepat membuka lokasi baru.

Dengan menggunakan uang pinjaman dengan persyaratan yang menguntungkan, perusahaan dapat membuka lokasi tambahan lebih cepat dari yang mungkin terjadi.

Cara Kerja Obligasi

Obligasi dinilai oleh lembaga pemeringkat obligasi. Di peringkat teratas adalah obligasi yang disebut investment grade dengan obligasi yang diperingkat Triple A sebagai yang terbaik dari yang terbaik. Di bagian bawah adalah obligasi sampah. Sebagai aturan umum, semakin tinggi peringkat investasinya, semakin rendah tingkat bunga yang dihasilkan karena risiko yang dirasakan lebih kecil dalam kepemilikan obligasi yang berarti peluang diyakini lebih tinggi sehingga Anda akan dibayar kembali, baik pokok dan bunga, tepat waktu dan secara penuh.

Obligasi sering bersaing dengan investasi lain seperti rekening pasar uang dan dana pasar uang, sertifikat deposito dan rekening tabungan. Investor tertarik pada mereka yang tampaknya menawarkan trade-off yang lebih baik antara risiko dan hasil pada saat tertentu. Masing-masing memiliki manfaat dan kekurangan yang berbeda untuk mereka yang mencari pendapatan pasif dan yang tidak ingin khawatir tentang fluktuasi yang datang bersama dengan memiliki saham dividen atau real estat investasi penghasil uang tunai.

Pengaruh Inflasi

Salah satu risiko utama dalam upaya menghasilkan uang dari obligasi adalah inflasi. Beberapa obligasi, seperti obligasi tabungan Seri I dan TIP memiliki setidaknya beberapa tingkat kekebalan terhadap inflasi yang mengikis daya beli investor tetapi investor tidak selalu berperilaku dengan cara yang paling cerdas.

Jika Anda meragukan ini, lihat apa yang terjadi belum lama di Eropa. Investor dengan pendapatan tetap membeli obligasi berjangka 50 tahun dan 100 tahun dengan tingkat suku bunga rendah secara historis, semuanya menjamin bahwa dalam jangka panjang mereka praktis kehilangan semua daya beli mereka. Ini adalah cara yang tidak sopan untuk berperilaku tetapi orang kadang-kadang kehilangan akal, meraih hasil ketika mereka harus puas duduk di cadangan uang tunai, sebagai gantinya. Karena alasan ini, obligasi tidak selalu lebih aman daripada saham ketika Anda mulai melihat gambaran yang lebih besar daripada volatilitas dalam isolasi.

Menentukan berapa banyak portofolio yang harus diinvestasikan dalam obligasi tergantung pada berbagai faktor. Situasi berbeda dari investor ke investor, dipengaruhi oleh segala sesuatu mulai dari aset yang dapat diinvestasikan hingga alternatif yang tersedia pada setiap saat di pasar modal.

Investor kecil cenderung berinvestasi dalam dana obligasi untuk mencapai diversifikasi yang lebih baik karena masing-masing obligasi umumnya perlu dibeli dalam jumlah $ 5.000 atau $ 10.000 pada suatu waktu untuk mencapai harga yang baik, meskipun Anda mungkin bisa mendapatkan $ 2.000 atau $ 3.000 jika Anda membeli dari pialang berbiaya rendah dengan banyak likuiditas obligasi di tangan dalam masalah tertentu yang Anda pertimbangkan.

Anda mendapatkan harga yang jauh lebih baik, semakin besar blok yang Anda peroleh. Ini adalah alasan perusahaan manajemen aset, penasihat investasi terdaftar, dan lembaga keuangan cenderung memiliki investasi minimum yang lebih tinggi untuk klien yang ingin memiliki akun yang dikelola secara individual yang berfokus pada sekuritas pendapatan tetap.

Pada akhirnya, dalam periode tingkat bunga rendah ini, biaya untuk akun pendapatan tetap biasanya jauh lebih rendah daripada akun ekuitas. Tidaklah aneh melihat rekening obligasi terkelola dengan biaya berkisar antara 0,50% hingga 0,75% untuk investor dengan akun bernilai antara $ 1 juta dan $ 10 juta.

Sebagian besar investor obligasi mencari mandat investasi yang dikenal sebagai pelestarian modal. Itu karena uang yang diinvestasikan dalam obligasi biasanya merupakan modal yang tidak tergantikan, seperti yang diperoleh dari penjualan bisnis keluarga setelah bertahun-tahun, puluhan tahun, atau generasi pekerjaan, diperoleh dari karier yang singkat namun sangat menguntungkan seperti atletik profesional, warisan, atau akumulasi seumur hidup bekerja ketika investor obligasi terlalu tua tanpa harapan hidup yang cukup dan atau kesehatan untuk membangun kembali jika hilang.

Dari waktu ke waktu, jenis investor lain tertarik ke pasar obligasi, biasanya orang bodoh yang bermaksud baik yang menggunakan leverage untuk membeli obligasi sampah spekulatif, yang cenderung membuat mereka banyak uang untuk sementara sebelum meledak di wajah mereka dan mereka bersumpah seumur hidup hanya untuk melihat siklus itu berulang 10 atau 20 tahun kemudian.

Akhirnya, beberapa keuntungan unik yang ditawarkan obligasi kepada pemiliknya termasuk kemampuan untuk mengatur waktu arus kas dengan tepat. Dengan membangun tangga obligasi dan memperoleh obligasi dengan tanggal pembayaran kupon terjadwal tertentu, investor dapat membantu memastikan bahwa uang tunai tersedia pada waktu yang tepat ketika ia membutuhkannya.

Selain itu, obligasi tertentu memiliki aspek pajak yang unik. Pertimbangkan keuntungan berinvestasi dalam obligasi daerah. Anda tidak hanya menyediakan dana untuk membangun komunitas lokal seperti sekolah, rumah sakit, selokan, jembatan, dan semua perangkap peradaban, tetapi dengan anggapan Anda mengikuti aturan dan mendapatkan jenis ikatan yang tepat berdasarkan lokasi Anda, Anda harus dapat menikmati penghasilan bebas pajak, serta bunganya dibebaskan dari pajak. Pastikan untuk memperhatikan penempatan aset.

You May Also Like

About the Author: *****

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *