Cara Cek Nomor Kartu Keluarga Online Sesuai Nama Cepat Mudah

Cara Cek Nomor Kartu Keluarga Online Sesuai Nama Cepat Mudah – Cara mencari nomor KK (Kartu Keluarga) dan nomor induk kependudukan akan menjadi bahasan tips trik pada ulasan artikel Gageto kali ini. Anda yang mungkin bermaksud akan mengecek secara online perihal nomor KK atau data lain yang ada di kartu tersebut bisa menyimak ulasan selengkapnya berikut ini.

Kartu keluarga atau lebih familiar disebut dengan kartu KK merupakan dokumen penting yang harus dimiliki oleh setiap keeluarga. Kartu yang berisikan data semua anggota keluarga ini akan dimiliki sebanyak satu lembar halaman asli yang akan menjadi pegangan oleh setiap kepala keluarga.

Cara Cek Nomor Kartu Keluarga Online Sesuai Nama Cepat Mudah

Data yang ada pada kartu KK meliputi nama lengkap, tempat tanggal lahir, status pekerjaan, status perkawinan dan lain-lain. Ketika terdapat perubahan atau penambahan anggota keluarga baru maka diharuskan memperbarui data kartu KK ke pihak yang bersangkutan seperti kantor kelurahan di mana ia tinggal.

Kartu KK menjadi dokumen keluarga yang sangat penting sekali perannya. Dikatakan demikian karena dalam berbagai persyaratan terkait berkas baik itu lamaran kerja, daftar bpjs, daftar sekolah atau kuliah dan lain-lain biasanya akan dipinta fotokopi kartu kk sebagai kelengkapan persyaratan.

Selain itu nomor seri pada kartu keluarga juga sangat penting sekali karena juga dipergunakan dalam berbagai kelengkapan dokumen pribadi. Contohnya saja yang mungkin sering dialami adalah pada saat melakukan registrasi kartu seluler dan tahap aktivasi kartu.

Baca JugaCara Menggunakan Rekening Ponsel CIMB Niaga Gojek Cek Saldo

Cara Cek Nomor Kartu Keluarga Online Sesuai Nama

Sekarang ini penggunaan kartu perdana seluler menerapkan kebijakan harus mengisi data pribadi berupa nomor KK dan NIK pada KTP juga sesuai nama yang tercantum pada kartu identitas tersebut. Apabila data valid dan sesuai dengan kartu KK dan KTP maka tahap registrasi kartu akan berhasil dan kartu perdana seluler bisa diaktifkan dan dipergunakan untuk keperluan komunikasi dan lain sebagainya.

Meskipun kartu keluarga ini penting tetapi karena ukurannya yang lembaran besar tidak seperti KTP yang lebih kecil dan bisa disimpan dalam dompet membuat kartu KK tidak selalu dibawa ke mana-mana atau hanya di bawa ketika ada perlu saja.

Dengan alasan takut hilang kalau dibawa ke mana-mana membuat kartu KK lebih dianggap aman disimpan di rumah saja.

Hal seperti ini tentu sangat memungkinkan kartu KK lupa di bawa ketika sedang dibutuhkan. Apalagi kalau data yang dibutuhkan adalan nomor KK itu sendiri yang cenderung tidak dihafal karena nomor serinya yang cukup panjang dan terdiri dari rentetan angka yang tidak beraturan.

Sebetulnya bisa saja anda meminta bantuan ke orang rumah, tetangga atau teman untuk meminta bantuan melihat nomor kartu keluarganya di rumah. Hanya saja solusi ini akan sangat merepotkan apabila terlalu sering dilakukan.

Untuk itu sebaiknya kartu KK ini difotokopi dan dibawa duplikatnya dalam dompet atau juga bisa di scan dan di upload filenya ke penyimpanan data online yang sudah banyak di internet dan bisa dipergunakan secara gratis. Apalagi penggunaan smartphone dengan jangkauan koneksi internet sekarang sudah merata, tentu masalah download upload dan open file semacam ini bukan lagi hal asing untuk dilakukan.

Cek Nomor Kartu Keluarga Online

Atau anda juga bisa cek nomor kartu keluarga secara online berdasarkan nama melalui situs web disdukcapil di mana anda tinggal memasukkan nama atau nik untuk memeriksa nomor kk yang tertera pada lembar kartu keluarga anda.

Disdukcapil ini adalah lembaga pemerinta yang berkewenangan untuk urusan pencatatan sipil, pendataan penduduk, administrasi kependudukan, e-ktp, nik dan lain-lain.

Melalui situs web disdukcapil anda juga bisa cek nomor NIK dengan mengunjungi alamat web disdukcapil.kemendagri.go.id/ceknik.

Sementara cara cek nomor kartu keluarga online melalui situs web disdukcapil harus disesuaikan dengan domisili anda seperti contoh pengecekan nomor kk untuk wilayah kalimantan barat, maka alamat web yang dapat anda akses adalah http://dukcapil.kalbarprov.go.id/cek-kk.

Meskipun bersifat dokumen penting, namun kartu keluarga ini juga sangat pribadi dan sebaiknya tidak diunggah bebas atau disebar tanpa keperluan tertentu agar terhindar dari penyalahgunaan kartu kk yang dilakukan oleh pihak yang tidak bertanggung jawab.

Nah, itulah cara cek nomor kartu keluarga online sesuai nama yang bisa diinformasikan kepada anda. Semoga bermanfaat dan terima kasih sudah berkunjung.

cek kk onlinenomor kartu keluarga
Cara Cek Nomor Kartu Keluarga Online Sesuai Nama Cepat Mudah | Gageto | 4.5