Cara Downgrade MIUI Xiaomi

gageto.com

Pernahkah kamu mengalami masalah dengan smartphone Xiaomi setelah melakukan pembaruan ke versi terbaru MIUI? Mungkin baterainya cepat habis, aplikasi tidak berjalan lancar, atau kamu lebih suka dengan versi MIUI yang lebih lama.

Artikel ini akan membahas tentang Downgrade MIUI Xiaomi, yaitu cara untuk mengembalikan Xiaomi kamu ke versi sebelumnya. Kita akan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang sering muncul, seperti mengapa kamu perlu melakukan downgrade, kapan saat yang tepat untuk melakukannya, serta risiko dan langkah-langkah yang perlu diambil agar downgrade berjalan lancar.

Downgrade MIUI bukan solusi untuk semua masalah, tetapi bisa sangat berguna jika kamu mengalami bug, masalah kompatibilitas dengan aplikasi favorit, atau hanya memiliki preferensi terhadap versi MIUI tertentu.

Namun, sebelum melangkah lebih jauh, penting untuk menyadari risiko yang mungkin terjadi seperti kehilangan data atau kerusakan perangkat.

Artikel ini juga akan memberikan contoh pengguna yang sukses melakukan downgrade untuk memperbaiki masalah baterai.

Cara Downgrade MIUI Xiaomi

Cara Downgrade MIUI Xiaomi

Daftar Isi :

Cara Melakukan Downgrade MIUI Xiaomi

Jika kamu sudah mempertimbangkan risiko dan memutuskan untuk melakukan downgrade, berikut adalah dua cara utama untuk melakukannya: menggunakan PC dan tanpa menggunakan PC.

Kamu bisa melakukan downgrade MIUI tanpa PC atau dengan menggunakan PC. Berikut ini cara-cara untuk dilakukan:

Metode Tanpa PC:

  1. Unduh Versi MIUI yang Diinginkan: Pertama-tama, unduh versi MIUI yang sesuai dengan model HP Xiaomi kamu dan satu tingkat lebih rendah dari versi yang sekarang kamu gunakan. Pindahkan file miui.zip ke folder “downloaded_rom” di penyimpanan internal kamu.
  2. Jalankan MIUI ROM: Buka aplikasi updater MIUI, ketuk simbol tiga titik di sudut kanan atas layar.
  3. Pilih “Choose Update Package”: Pilih opsi “Choose Update Package” dari menu yang muncul.
  4. Pilih File ROM MIUI: Pilih file ROM MIUI yang telah kamu pindahkan sebelumnya dan ketuk “OK”. Biarkan proses update berjalan dan perangkat akan reboot setelah selesai.

Metode Dengan PC:

  1. Unduh dan Instal Xiaomi Flash Tool: Unduh dan instal Xiaomi Flash Tool di PC kamu. Pastikan juga untuk mengunduh ROM MIUI dengan format .tgz yang sesuai dengan model HP kamu.
  2. Ekstrak ROM MIUI: Ekstrak file ROM MIUI yang telah kamu unduh.
  3. Masuk Mode Fastboot: Matikan perangkat, tekan dan tahan tombol Volume dan Power bersamaan untuk masuk ke mode Fastboot.
  4. Jalankan MiFlashTools: Buka MiFlashTools sebagai administrator, pilih folder ROM yang telah diekstrak sebagai sumber file untuk flashing. Pastikan perangkat terdeteksi di mode Fastboot, pilih opsi “Clean all” dan klik “Flash”.

Penting untuk diingat bahwa melakukan downgrade MIUI bisa berisiko dan mengakibatkan masalah seperti bootloop jika tidak dilakukan dengan benar. Selalu buat backup data kamu sebelum memulai proses, dan pastikan baterai perangkat kamu mencukupi untuk menjalankan seluruh proses.

Pengertian Downgrade MIUI

Downgrade MIUI adalah proses dimana kamu bisa mengembalikan sistem operasi smartphone Xiaomi kamu ke versi yang lebih lama.

Biasanya, ini dilakukan ketika kamu menghadapi masalah dengan versi terbaru MIUI, seperti bug atau kompatibilitas aplikasi yang buruk.

Kenapa Kamu Perlu Melakukan Downgrade?

Misalnya, fitur-fitur pada versi MIUI terbaru tidak berfungsi dengan baik, atau aplikasi favorit kamu tidak kompatibel dengan versi terbaru MIUI.

Jika mengalami masalah seperti ini, melakukan downgrade bisa menjadi solusi. Dengan kembali ke versi MIUI yang lebih stabil dan kompatibel, kamu bisa menghindari masalah dan ketidaknyamanan yang mungkin timbul pada versi terbaru.

Kapan Downgrade Menjadi Pilihan yang Tepat?

Namun, downgrade bukanlah solusi yang tepat untuk setiap situasi. Namun, ini bisa menjadi pilihan yang tepat jika:

  • Kamu menghadapi bug yang mengganggu kinerja ponsel kamu.
  • Terdapat masalah kompatibilitas dengan aplikasi-aplikasi yang sering kamu gunakan.
  • Kamu tidak nyaman dengan antarmuka atau fitur baru yang dianggap tidak intuitif.

Dalam memahami Pengertian Downgrade MIUI, kita telah membahas mengapa kamu mungkin ingin kembali ke versi MIUI yang lebih lama.

Alasan Melakukan Downgrade

Selanjutnya, kita akan membahas persiapan apa yang perlu kamu lakukan sebelum melakukan downgrade, termasuk risiko dan konsekuensinya.

Meskipun melakukan downgrade memiliki risikonya sendiri, ada beberapa situasi yang sering membuat pengguna mempertimbangkan pilihan ini. Berikut adalah beberapa alasan umum yang sering ditemui:

1. Masalah Bug

Versi terbaru MIUI sering kali membawa fitur baru yang canggih, tetapi juga bisa disertai dengan munculnya bug atau kesalahan sistem.

Bug ini bisa bermacam-macam, dari pengaruh terhadap daya tahan baterai hingga membuat aplikasi tertentu tidak responsif atau bahkan menjadikan sistem operasi secara keseluruhan tidak stabil.

2. Masalah Kompatibilitas

Tidak semua aplikasi akan berjalan lancar setelah melakukan pembaruan MIUI. Masalah kompatibilitas sering menjadi hambatan utama.

Beberapa aplikasi memerlukan waktu untuk menyesuaikan diri dengan perubahan pada versi terbaru MIUI. Dalam situasi seperti ini, downgrade dapat menjadi solusi agar aplikasi tetap dapat berjalan tanpa masalah.

3. Preferensi Pribadi

Setiap orang memiliki selera yang berbeda-beda, termasuk dalam hal tampilan dan fitur MIUI.

Beberapa pengguna mungkin lebih menyukai versi sebelumnya yang dianggap lebih intuitif atau menawarkan fitur yang lebih sesuai dengan kebutuhan mereka. Dalam hal ini, melakukan downgrade adalah pilihan yang masuk akal.

4. Performa dan Stabilitas

Tidak semua perangkat akan mendapatkan peningkatan performa setelah melakukan update MIUI. Beberapa bahkan mungkin mengalami penurunan performa atau stabilitas.

Jika kamu merasa perangkat kamu lebih lambat atau sering mengalami masalah setelah melakukan update, melakukan downgrade bisa menjadi solusi untuk kembali ke performa yang lebih stabil.

Risiko dan Konsekuensi Downgrade

Dalam mempertimbangkan melakukan downgrade, selalu penting untuk memahami risiko yang terlibat dan melakukan langkah-langkah persiapan yang diperlukan untuk mengurangi kemungkinan masalah selama proses downgrade.

Pastikan untuk memahami risiko dan konsekuensi dari proses downgrade sebelum kamu memutuskan untuk melakukannya. Berikut adalah beberapa hal yang perlu kamu pertimbangkan:

  1. Kehilangan Data Saat melakukan downgrade, risiko utama yang harus kamu perhatikan adalah kehilangan data. Data seperti foto, pesan, atau aplikasi yang tersimpan di ponsel bisa hilang selama proses ini. Oleh karena itu, sangat penting untuk selalu membuat cadangan data penting sebelum memulai.
  2. Kerusakan Permanen pada Ponsel Jika downgrade dilakukan secara tidak benar, ini bisa mengakibatkan kerusakan permanen pada perangkatmu. Pastikan untuk mengikuti panduan downgrade yang tepat atau menggunakan perangkat lunak yang resmi untuk menghindari risiko ini.
  3. Masalah Kompatibilitas Mengembalikan versi MIUI ke yang lebih lama bisa menyebabkan masalah kompatibilitas dengan aplikasi atau fitur baru yang dirilis di versi yang lebih baru. Hal ini dapat membuat aplikasi menjadi tidak stabil atau fitur tertentu tidak dapat digunakan.
  4. Pembatasan Anti-Rollback Beberapa versi MIUI dilengkapi dengan fitur Anti-Rollback yang dapat menghalangi proses downgrade. Jika kamu mencoba untuk melakukan downgrade tanpa mengatasi fitur ini, perangkatmu bisa mengalami kerusakan serius atau menjadi tidak dapat digunakan sama sekali.
  5. Munculnya Bug Ironisnya, tujuan utama melakukan downgrade adalah untuk menghindari bug pada versi terbaru. Namun, melakukan downgrade itu sendiri bisa menyebabkan munculnya bug atau masalah lain pada sistem operasimu. Pastikan untuk memeriksa forum atau komunitas online untuk mengetahui potensi bug pada versi yang ingin kamu downgrade.

Memahami risiko-risiko ini penting agar kamu dapat memutuskan apakah melakukan downgrade benar-benar diperlukan dalam kasus perangkatmu atau tidak. Selalu lakukan langkah-langkah persiapan dengan hati-hati dan pastikan untuk memilih solusi yang paling aman dan sesuai dengan kebutuhanmu.

Cara Downgrade MIUI Xiaomi | Gageto | 4.5