Tips Cara Merangsang Kreativitas Anak di Rumah

Tips Cara Merangsang Kreativitas Anak di Rumah – Merangsang kreativitas anak sangat penting untuk masa kecil yang baik. Mengizinkan anak-anak bermain bebas dengan pikiran mereka dengan kecepatan penuh, menciptakan dan membayangkan segala macam hal, adalah simbol anak yang bahagia.

Tahukah Anda bahwa dorongan untuk berpikir kreatif ini juga menghadirkan manfaat kognitif dan sosial-emosional yang dibawa sepanjang hidup?

Tips Cara Merangsang Kreativitas Anak di Rumah

Ada banyak ujian untuk mengukur kreativitas. Seringkali, seperti yang diamati dalam studi yang melibatkan Tes Torrance, hasil yang lebih tinggi secara statistik lebih terkait dengan kesuksesan dan kebahagiaan dalam kehidupan orang dewasa daripada tes IQ yang lebih dikenal.

Selama bermain imajinatif, anak-anak memanipulasi materi yang berbeda, mengekspresikan diri secara verbal dan non-verbal, merencanakan (baik sengaja atau tidak), bertindak, bereaksi, berinteraksi, menguji berbagai peran, dan, yang lebih penting, membuat pilihan sendiri.

Kreativitas membantu seseorang menghadapi perubahan, penyelesaian masalah, mempengaruhi kecerdasan sosial dan emosional, meningkatkan pemahaman tentang matematika dan sains, dan merupakan komponen kunci untuk kesehatan dan kebahagiaan.

Tips Cara Merangsang Kreativitas Anak di Rumah

  1. Ubah aktivitas sehari-hari menjadi bagian dari certia

Apakah Anda ingat pesawat / sendok saat makan? Logika penerapan mantel fantasi ini pada hal-hal umum sangat menyenangkan dan efisien. Pernahkah Anda berpikir bahwa mainan masing-masing harus masuk ke laci atau rak sendiri karena anak-anak akan terus ribut jika mereka tetap bersama dengan mainan terlalu lama?

  1. Buat kegiatan sehari-hari dengan cara yang berbeda

Stimulus baru dan upaya untuk memikirkan kembali hal-hal yang dianggap biasa adalah cara bersenang-senang tanpa akhir. Pernahkah Anda berpikir tentang tidur terbalik di tempat tidur hanya untuk satu malam? Bagaimana kalau duduk di bawah meja untuk menggambar? Bahkan lebih aneh lagi adalah menggambar terbalik di bawah meja?

  1. Tanya, tanya, dan tanya

Anak-anak sering menciptakan dunia interior yang penuh dengan imajinasi untuk menjelaskan hal-hal di sekitar mereka dan membimbing tindakan mereka. Orang tua dapat mengaksesnya secara singkat melalui pertanyaan yang masuk akal, selalu memperhatikan saat anak-anak tidak ingin menjawab lagi. “Mengapa kamu menghindari bagian putih di tanah?” Adalah starter yang bagus.

  1. Dorong proses kreatif mereka dan bukan hasil akhirnya

Produk akhir dari ciptaan anak kurang penting dan bukan tujuan utama dari apa yang mereka kerjakan dan cara yang mereka ambil untuk mencapainya. Dorong anak-anak untuk menguji lebih banyak, potong lebih banyak kertas, gunakan lebih banyak pensil warna atau tidak ada warna sama sekali, bagaimana dengan menggambar pola daripada warna?. Kreativitas anak lebih tentang melakukan daripada apa yang dilakukan.

Bagaimana kalau menikmati beberapa episode SuperHands sebagai inspirasi untuk membuat mainan baru dengan bahan-bahan yang seharusnya Anda buang?

  1. Jadilah panutan

Mendorong setiap jenis perilaku dan pemikiran kreatif pada anak-anak hanyalah satu bagian dari pekerjaan. Memperlihatkan diri Anda terbuka untuk berpikir dengan cara yang sama, dengan menciptakan cerita-cerita fantastis untuk acara sehari-hari juga bisa menjadi tindakan yang perlu dilakukan.

  1. Biarkan anak punya waktu luang

Tindakan yang paling tidak penting tetapi mungkin paling penting dari semua juga yang paling sulit adalah membiarkan anak-anak bermain. Tanpa mainan, tanpa rangsangan yang dirancang dan dipikirkan dengan cermat, tanpa apa pun selain diri mereka sendiri dan dunia di sekitar mereka.

Sebagian besar dari hari yang didedikasikan untuk tidak ada sama sekali, tidak ada jadwal, tidak ada gangguan, tidak ada mainan atau kegiatan terstruktur adalah kunci utama untuk pengembangan kreativitas.

Lagipula, kebosanan hanya terjadi pada mereka yang lupa bahwa tidak ada yang lebih menghibur daripada bermain secara spontan dan sederhana.

Tips Cara Merangsang Kreativitas Anak di Rumah | ***** | 4.5