Mengenal Data OBB Aplikasi dan Game di Android

gageto.com

Pernahkah kamu mengunduh game di Android dan menemukan bahwa kamu harus mengunduh file tambahan sebelum bisa mulai bermain? Atau mungkin kamu bertanya-tanya, mengapa setelah instalasi yang cepat, ada lagi unduhan yang membuatmu harus menunggu?

Semua ini berhubungan dengan Data OBB Aplikasi , bagian penting yang sering tersembunyi di balik pengalaman bermain game-mu.

Data OBB adalah inti dari game besar yang memungkinkan kamu menikmati grafis yang luar biasa dan konten yang melimpah, tanpa harus memakan ruang penyimpanan yang berharga.

Tapi, apa sebenarnya Data OBB dan mengapa begitu penting dalam game mobile? Mari kita selami dunia Data OBB ini, memahami peranannya, dan bagaimana ini memengaruhi cara kamu menikmati game favoritmu.

Siap untuk mengungkap rahasia di balik layar permainan digital? Yuk, kita mulai!

Mengenal Data OBB Aplikasi dan Game di Android

Mengenal Data OBB Aplikasi dan Game di Android

Daftar Isi :

Pengertian Data OBB

Data OBB, atau Opaque Binary Blob, adalah bagian penting dalam aplikasi dan game Android yang berukuran besar.

File ini berisi informasi tambahan yang diperlukan untuk memastikan game berjalan dengan baik. Bayangkan seperti ruang penyimpanan tambahan yang menyimpan segala sesuatu yang diperlukan oleh game, seperti efek suara, grafis, atau level baru.

Tanpa Data OBB, game mungkin tidak dapat dimainkan sama sekali atau mengalami kesalahan.

Selain itu, Data OBB membantu menjaga ukuran aplikasi tetap kecil karena file utama aplikasi bisa tetap minimal, sedangkan data tambahan seperti musik atau video disimpan terpisah.

Ini membuat pengembangan aplikasi lebih mudah karena pengembang bisa menambah atau memodifikasi komponen tanpa harus mengubah seluruh aplikasi.

Jadi, Data OBB bukan hanya memastikan semua berjalan lancar, tetapi juga membuat game lebih seru dan memuaskan dengan berbagai tambahan yang disimpan di dalamnya.

Dengan menyimpan file pendukung seperti musik dan video dalam Data OBB, aplikasi yang kamu unduh dari Play Store atau sumber lain bisa memiliki ukuran file yang lebih kecil.

Artinya, ruang penyimpanan di ponselmu bisa dihemat untuk hal-hal lain yang juga penting.

Tanpa Data OBB, game kesayanganmu mungkin tidak akan berjalan dengan mulus atau bahkan tidak bisa dimainkan sama sekali.

Data OBB memastikan semua fungsi dalam game dapat berjalan tanpa hambatan, sehingga pengalaman bermain game kamu bisa lebih lancar dan menyenangkan.

Selain itu, Data OBB juga memberikan kebebasan bagi kamu yang suka melakukan kustomisasi. Dengan mengakses dan mengedit Data OBB, kamu bisa melakukan berbagai modifikasi dalam game, seperti membuka level yang belum terkunci atau menambahkan item baru yang kamu inginkan.

Kalau kamu sering bermain game di Android, pasti sudah tidak asing lagi dengan folder OBB. Folder ini seperti ruang rahasia di mana semua data penting untuk aplikasi dan game disimpan.

Cara Mengakses Folder OBB di Android

Untuk mengakses folder OBB di Android, ada beberapa cara yang bisa kamu coba, baik itu dengan perangkat yang sudah di-root atau belum. Salah satunya adalah menggunakan aplikasi ZArchiver Pro:

  1. Unduh dan pasang aplikasi ZArchiver Pro di ponselmu.
  2. Buka aplikasi tersebut dan arahkan ke direktori Android >> Data.
  3. Kamu akan diminta untuk memilih jalur direktori root, cukup tap ‘Oke’.
  4. Pilih opsi ‘Gunakan Folder Ini’ dan beri izin dengan menekan ‘Izinkan’.
  5. Sekarang kamu bisa mengakses folder Data dan jika perlu, folder OBB juga.

Demikian cara sederhana untuk mengakses folder OBB di Android menggunakan ZArchiver Pro.

Menggunakan Aplikasi Total Commander

Kalau kamu memilih Total Commander untuk mengakses folder Data dan OBB:

  1. Instal aplikasi Total Commander dari Play Store terlebih dahulu.
  2. Buka aplikasi itu dan arahkan ke Penyimpanan Internal >> Android >> Data.
  3. Pilih ‘Installed Apps’ dan konfirmasi dengan menekan ‘Yes’.
  4. Selanjutnya, pilih ‘Gunakan Folder ini’ dan beri izin dengan menekan ‘Izinkan’.
  5. Selesai! Sekarang kamu bisa menjelajahi folder Data di direktori Android. Jangan lupa berikan izin juga ke folder OBB, ya.

Menggunakan Aplikasi Files by Google

Jika kamu menggunakan perangkat Pixel atau sudah update ke Android 13, Files by Google bisa menjadi teman baikmu dalam mengelola file. Aplikasi ini memudahkanmu untuk mengakses dan mengelola file di /Android/data dan /Android/obb.

Cukup instal dan buka aplikasinya, kamu bisa langsung mengelola file-file tersebut tanpa ribet.

Menggunakan Aplikasi Lain

Jika belum cocok dengan Total Commander atau Files by Google, ada beberapa aplikasi file manager lain yang bisa kamu coba untuk mengakses folder OBB:

  • File Manager – XFolder
  • Solid Explorer
  • EX File Manager

Aplikasi-aplikasi ini menawarkan fitur-fitur canggih yang mempermudahmu dalam mengatur file dan folder di perangkat Androidmu.

Perbedaan antara Data OBB dan Data Aplikasi

Dalam dunia aplikasi Android, sering kita temui istilah Data OBB dan data aplikasi. Meskipun keduanya penting dalam menjalankan aplikasi di perangkat Android, mereka memiliki perbedaan yang cukup signifikan.

Apa Itu Data OBB?

Data OBB, atau Opaque Binary Blob, adalah seperti koper besar yang di dalamnya kamu bisa menemukan berbagai aset digital yang diperlukan oleh aplikasi atau game Android. Pengembang sering menggunakan Data OBB untuk menyimpan file berukuran besar seperti musik dan video, agar aplikasi yang diinstal tidak menghabiskan terlalu banyak ruang di ponselmu.

Jadi, jika suatu aplikasi atau game memerlukan Data OBB dan kamu tidak menemukannya di folder aplikasi, bisa dipastikan aplikasi tersebut tidak akan bisa berjalan. Data OBB ini biasanya disimpan dalam format file terkompresi seperti .rar atau .zip, dan kamu memerlukan aplikasi khusus untuk membukanya dan melihat isinya.

Bagaimana dengan Data Aplikasi?

Data aplikasi adalah inti dari aplikasi itu sendiri. Di sinilah informasi penting seperti pengaturan aplikasi, data pengguna, dan lain-lain disimpan. Folder data ini biasanya berada di perangkat Android kamu.

Perbedaan Keduanya

Nah, apa bedanya antara Data OBB dan data aplikasi?

  1. Tujuan Penggunaan: Data OBB digunakan untuk menyimpan aset-aset yang mendukung fungsi aplikasi atau game, seperti audio dan visual. Sementara data aplikasi berisi segala sesuatu yang diperlukan agar aplikasi dapat berjalan, termasuk pengaturan dan informasi pengguna.
  2. Isi: Data OBB biasanya berisi file pendukung yang memperkaya pengalaman pengguna saat menggunakan aplikasi atau bermain game. Di sisi lain, data aplikasi lebih fokus pada data operasional yang dibutuhkan untuk menjalankan aplikasi dengan baik.
  3. Penyimpanan: Data OBB sering disimpan dalam format terkompresi yang perlu diekstraksi sebelum bisa digunakan, sedangkan data aplikasi disimpan dalam struktur folder yang dapat diakses oleh sistem operasi Android.

Masalah Umum Terkait Data OBB dan Solusinya

Dalam menggunakan aplikasi dan game Android, kamu mungkin mengalami beberapa masalah terkait Data OBB. Berikut adalah masalah umum dan solusinya:

  1. Kesulitan Mengakses Folder Data OBB
    • Pastikan aplikasi atau game yang kamu instal memerlukan Data OBB. Folder OBB biasanya muncul setelah instalasi.
    • Jika folder OBB tidak muncul, kamu bisa mencoba membuat atau menambahkannya secara manual.
    • Periksa lokasi penyimpanan, karena Data OBB bisa berada di memori internal atau eksternal.
    • Aktifkan opsi untuk menampilkan file tersembunyi di pengaturan File Manager jika folder Android atau OBB tidak terlihat.
  2. Berhati-hati Saat Menghapus File OBB
    • File OBB bisa berisi data penting. Jadi, pastikan kamu memahami bahwa menghapusnya dapat menyebabkan aplikasi atau game tidak berfungsi.
    • Jangan hapus file OBB asli setelah mengekstraksi isinya, dan jangan simpan data yang diekstrak di direktori yang sama dengan file ekspansi.
  3. Menggunakan Aplikasi File Explorer atau Aplikasi Khusus
    • Untuk mengakses folder OBB, gunakan aplikasi file explorer atau aplikasi yang didesain khusus untuk ini.
    • Beberapa aplikasi standar mungkin tidak dapat mengakses file di penyimpanan internal, jadi menggunakan aplikasi khusus dapat menjadi solusi.
  4. Penyimpanan Internal yang Terbatas
    • Direktori penyimpanan internal sering memiliki kapasitas terbatas. Pastikan kamu memiliki ruang yang cukup jika mengunduh Data OBB yang besar.

Dengan memahami perbedaan dan cara mengatasi masalah terkait Data OBB, kamu bisa lebih lancar dalam mengelola aplikasi dan game favorit di perangkat Android-mu.

Mengenal Data OBB Aplikasi dan Game di Android | Gageto | 4.5