Harga dan Spesifikasi HT Baofeng BF-888S

Advertisement

Review Harga dan Spesifikasi HT Baofeng BF-888S Terbaru – HT atau Handy Talky adalah radio komunikasi dua arah. HT bisa menjadi alat yang sangat dibutuhkan sebagai sarana komunikasi cepat. HT (Handy Talky) juga bisa menjadi sarana komunikasi yang praktis digunakan disaat dan dalam kondisi tertentu. Misalkan, seorang penjaga keamanan atau security biasanya yang paling umum dan sering kita lihat menggunakan HT atau Handy Talky ini. Kenapa tidak menggunakan hp atau ponsel? Karena HT merupakan alat komunikasi yang simple dan praktis. Tinggal setting channel, pencet dan ngomong. Isi pembicaraan akan tersampaikan langsung ke HT penerima.

Berbeda dengan hp, untuk menghubungi seseorang, kita harus menghubunginya dengan pencet no hp orang tersebut, dan itu juga harus menunggu tersambung terlebih dahulu dan menunggu diangkat telponnya oleh si penerima. Jika seorang security yang tugasnya di bagian keamanan, pastinya akan kesulitan jika menggunakan hp untuk menghubungi security yang lain.

Walaupun tetap, hp atau ponsel mempunyai peran penting untuk komunikasi dalam kondisi tertentu yang tidak bisa dilakukan oleh Handy Talky. Pun sebaliknya, HT juga memiliki peran penting sebagai alat komunikasi dalan kondisi tertentu dan tidak bisa maksimal jika diganti dengan hp atau ponsel.

Jadi, ht dan hp masing masing punya kelebihan dan kekurangan. Salah satunya adalah, hp dapat digunakan untuk berkomunikasi dengan siapa saja dan dalam jarak jangkauan tak terbatas, sedangkan ht hanya bisa digunakan untuk komunikasi dua arah dan terbatas oleh jarak tempuh. Jika jaraknya terlampau jauh, maka sinyal ht tidak mampu menangkapnya dan komunikasi pun terputus.

Yang paling sering terlihat menggunakan ht diantaranya adalah petugas keamananan, security, EO atau WO, dalam kegiatan outdoor, rekreasi dan lain lain.

Bicara HT atau Handy Talky, ada juga sebutan Walky Talkie? Apa perbedaan ht dan Walky Talkie? Anda bisa baca perbedaan keduanya di web wikipedia. (Baca : Perbedaan Handy Talky dan Walky Talky)

Oke sobat, setelah tadi membaca perbedaan handy talky dan walky talky, kali ini kita akan mengulas tentang HT yaitu HT Baofeng BF-888S. Handy Talky yang satu ini menarik untuk kita kupas dan kita bahas karena sepertinya memiliki spesifikasi bagus. Dan berikut ini ulasannya.

Harga dan Spesifikasi HT Baofeng BF-888S

Baofeng BF888S

Baofeng BF888S

Dimensi
HT Baofeng BF-888S adalan ht dengan power 2 watts dapat dioperasikan dalam Band frekwensi UHF 400-470MHz, bukan VHF. Kalau kita perhatikan body ht ini, terlihat Baofeng BF-888S memiliki body mungil. Dimensi tanpa antena dan tombol berada di angka 103 x 60 x 33mm. Tidak bongsor alias besar. Ukurannya yang mungil sangat pas dalam genggaman. Ditambah lagi bobotnya yang ringan yaitu sekitar 120 gram (kondisi kosong).

HT Baofeng BF-888S didesain tidak memiliki layar LCD. Tersedia 16 channel memory. Selain itu, untuk setting dan merubah frekwensinya dapat menggunakan PC/komputer. Jadi, settingan frekwensi ini dapat kita ubah sesuai dengan kebutuhan kita. Dan yang tidak kalah penting, HT Baofeng BF-888S ini sangat mudah digunakan bahkan oleh pemula sekalipun.

Fitur HT Baofeng BF-888S
Handy Talky yang satu ini memang memiliki beberapa fitur menarik, berikut diantaranya:

50 CTCSS / 105 CDCSS. Kode ini adalah code squelch. Jadi, radio HT ini bisa kita setting sedemikian rupa agar pancarannya bisa didengarkan oleh siapa saja, akan tetapi pendengar tidak dapat berbicara karen di “lock” atau dikunci dengan menggunakan kode tertentu. Kode tersebut ada yang dinamakan CTCSS yaitu Continous Tone Coded Squelch System dan ada juga yang disebut DCS yaitu Digital Coded Squelch System. Untuk setting kode kode tersebut, kita harus menggunakan komputer dan software khusus.

Vox Function. Fitur ini memungkinkan Anda berkomunikasi dengan lawan bicara tanpa harus menekan tombol PPT (Push to Talk). Begitu kita bica otomatis yang kita ucapkan langsung ditransmisikan sebagaimana ketika tombol PPT dipencet. Akan tetapi, untuk menggunakan fitur ini, ht harus terhubung dengan earphone terlebih dahulu.
PC Programming. Maksud dari fitur ini adalah bahwa kita bisa mensetting frekuensi dan fitur fitur lainnya dengan menggunakan PC dan software.

Time Out Timer. Fitur yang satu ini memiliki fungsi untuk membatasi waktu atau lamanya kita berbiacara. Jika kita berbicara terlalu lama, secara otomatis pancaran akan terputus. Untuk setting fitur ini kita bisa menggunakan PC dan software tentunya.

Baterry Saver. Fitur ini adalah fitu yang digunakan untuk menghemat baterai. Jika dalam waktu 10 detik ht tidak kita gunakan, maka fitur battery saver ini akan berfungsi. Sehingga daya baterai tidak terpakai sia sia.

Audio Keras dan Jernih
Selain desain yang ringan dan mungil, Baofeng BF888S juga memiliki kualitas Audio yang keras. Bahkan keras saja tidak cukup jika suara yang dihasilkan tidak jernih. Selain audionya LOUD, kualitas suara yang dimiliki HT ini juga jernih sehingga komunikasi lebih lancar karena informasi yang diterima lebih jelas.

Baterai
Bicara kapasitas baterai, Baofeng BF-888S dibekali sebuah baterai dengan kekuatan baru yaitu 2.800mAh model Battery lithium-ion BF-888s yang lebih tahan lama dan tentunya sangat mudah diganti. Baofeng terdahulu memiliki kapasitas baterai 1.500mAh. Dengan bertambahnya kapasitas baterai ini, tentunya BF-888S semakin awet dan tahan lama dalam penggunaannya.

Dengan bekal baterai berkekuatan 2.800mAh dan desain tanpa layar LCD, Baofeng BF-888S lebih awet digunakan. Selain tanpa layar LCD, BF-888S juga dibekali dengan fitur Battery Saver yang berfungsi untuk menghemat baterai dan Low Battery Alert yang berfungsi untuk memberikan peringatan ketika kondisi baterai sedang LOW dan harus segera di charge.

Kelebihan dan Kekurangan Baofeng BF-888S

Kelebihan Baofeng BF-888S :

  • Body mungil pas digenggaman
  • Jangkauan lebih luas dibandingkan dengan walkie talkie
  • Baterai li-Ion tahan lama dan mudah diganti
  • Praktis karena sudah tersedia 16 Channel yang siap digunakan
  • Audio keras dengan kualitas suara jernih
  • Ada lampu LED yang dapat digunakan sebagai lampu darurat
  • Frekwensi dapat diubah sesuai dengan kebutuhan
  • Aksesoris sangat mudah didapatkan
  • Harga terjangkau

Kekurangan Baofeng BF-888S

  • Vox Function tidak bisa digunakan jika tanpa earphone.
  • Tidak anti air
  • Tidak memiliki ratusan channel

Harga
HT atau Handy Talky sangat dibutuhkan untuk berkomunikasi dalam kondisi dan situasi tertentu. Kadang untuk memiliki sebuah HT, kita harus rela merogoh saku lebih dalam. Kalo kita perhatikan spesifikasi BF-888S sebagaimana yang saya uraikan di atas, coba Anda tebak, kira kira berapa harganya?

Baofeng BF888S di bandrol dengan harga yang bervariasi. Tapi setelah kami telusuri di beberapa situs ecommerce dalam negeri, HT Baofeng BF-888S dijual sekitar Rp 128.000. Sangat murah sekali.

Demikian ulasan tentang Harga dan Spesifikasi HT (Handy Talky) Baofeng BF-888S. Semoga informasi ini dapat mencerahkan dan bermanfaat untuk Anda. Terimakasih sudah berkunjung.

Harga dan Spesifikasi HT Baofeng BF-888S | Admin | 4.5

Leave a Reply