Cara Mengatasi Android SoftBrick Hardbrick Mati Total Terbaru 2018

Cara Mengatasi Android SoftBrick HardBrick Mati Total Karena Gagal Flashing – Brick merupakan sebuah problem error yang terjadi pada boot manager android, pada kondisi ini handphone android kita menjadi mati total tidak dapat menyala untuk dapat digunakan seperti biasanya, bahkan untuk masuk pada recovery mode pun tidak dapat dilakukan.

Brick ini terdiri dari dua jenis, yakni softbrick dan hardbrick. Brick ini terjadi biasanya selain karena adanya kesalahan ketika anda mencoba mengelola sendiri sistem yang terdapat pada ponsel android anda maupun kesalahan ketika anda melakukan kesalahan pada saat melakukan proses install ROM android.

Cara Mengatasi Android SoftBrick Hardbrick Mati Total Terbaru 2018

Mobile Flashing with USB Cable

Kesalahan pada saat melakukan proses install ROM android ini merupakan penyebab yang paling banyak dilakukan yang dapat menyebabkan brick pada ponsel android anda. Keadaan sampah atau dalvik cache yang menumpuh pada sistem android pun dapat menyebabkan kondisi ponsel android anda menjadi brick.

Dalvik cache merupakan file sampah yang menumpuk yang berasal dari aplikasi yang terpasang pada ponsel android. Brick juga dapat terjadi karena suatu kondisi yang muncul karena kondisi fisik ponsel yang telah rusak.

Cara Mengatasi Android SoftBrick Hardbrick Mati Total

Terdapat beberapa cara mengatasi android softbrick hardbrick mati total dan mengalami android bootloop. Hal ini di sesuaikan dengan jenis brick yang ada, apakah ponsel android anda mengalami softbrick atau ponsel anda mengalami hardbrick.

Softbrick terjadi jika ponsel anda dapat menyala tapi stuck pada layar booting atau tidak dapat melakukan proses booting. Dalam kondisi softbrick ini biasanya ponsel masih dapat di charge, namun anda tidak dapat mengakses ponsel anda karena memang ponsel tidak dapat memproses booting androidnya.

Sedangkan hardbrick atau mati total merupakan kondisi ponsel android yang tidak dapat digunakan sama sekali, tidak dapat di charge atau pun sudah berusaha dinyalakan pun tetap tidak menyala.

Cara Mengatasi Android SoftBrick

Untuk mengatasi ponsel android yang mengalami softbrick adalah sebagai berikut :

  1. Anda masuk ke mode download dengan menyambungkan HH dengan laptop komputer atau PC.
  2. Nonaktifkan ponsel android anda hingga yang tampak muncul di layar adalah mode pengisian baterai.
  3. Anda tekan volume naik, volume bawah serta tombol power secara terus menerus.
  4. Setelah layar berubah menjadi warna hitam semua, segera anda lepas tombol powernya.
  5. Anda lepas telepon dari USB, lalu anda buka Odin dalam administrator anda jika anda menggunakan W7 atau Vista.
  6. Tekan volume bawah dan tombol power secara bersamaan
  7. Update software dengan Odin Software.

Sedangkan untuk cara mengatasi android hardbrick atau mati total berbeda dengan cara mengatasi softbrick di atas.

Cara Mengatasi Android HardBrick

Adapun cara untuk mengatasi hardbrick pada android atau mati total adalah sebagai berikut :

  1. Bongkar Pasang Komponen Android

Ketika ponsel anda dalam keadaan mati total anda buka seluruh komponen yang menempel pada ponsel anda seperti baterai, kartu SIM serta kartu memori, lalu diamkan selama 20 menit.

Selanjutnya anda coba pasang kembali baterai, kartu SIM dan kartu memori tadi, lalu anda coba aktifkan kembali ponsel android anda.

  1. Sambungkan Android ke PC via USB

Jika cara pertama belum berhasil, anda dapat mencoba cara yang kedua. Cara kedua ini anda kembali mencopot komponen baterai, kartu SIM dan kartu memori dari ponsel anda.

Dalam keadaan tidak terpasang baterai anda sambungkan ke laptop atau komputer PC dengan menggunakan kabel USB. Lalu anda tekan lama pada tombol volume bawah, volume atas serta tombol power hingga muncul suara beep pada laptop komputer PC anda.

Jika belum terdengar suara Beep, anda tekan terus menerus selama 3 menit, lalu pasang baterai, lalu anda masuk ke mode download, saat berhasil anda lakukan flashing.

Baca JugaCara Mengaktifkan Data Seluler Yang Tidak Muncul di HP Android

  1. Lepas Baterai, SIM dan Memoy Card Lalu Flashing

Cara ketiga hampir sama dengan cara pertama, hanya waktu mendiamkan ponsel tersebut selama 1 hingga 2 hari. Setelah itu anda kembali pasang baterai, kartu SIM dan kartu memori pada ponsel dan segera lakukan flashing.

  1. One Click Unbrick Apk

Untuk cara keempat yang dapat anda lakukan adalah dengan aplikasi One Click Unbrick. Adapun langkah-langkahnya adalah sebagai berikut :

  • Anda siapkan laptop atau komputer PC yang sudah terpasang Java. Jika anda belum memasang Java, anda dapat menggunakan link di bawah ini : http://clearload.bid/-1FMIP/1e9CLh?rndad=608693445-1529813024
  • Anda unduh aplikasi One Click Unbrick pada link di bawah ini : http://clearload.bid/ad/locked?rndad=608693445-1529813031&url=1e9CPN&t=s&subid=6867292&h=1
  • Sambungkan ponsel android dengan laptop komputer PC dengan kabel data
  • Setelah berhasil memasang aplikasi One Click Unbrick, anda buka dan jalankan aplikasinya.
  • Pada aplikasi One Click Unbrick anda pilih Click Unsoft Brick, lalu anda pilih Resolution Center.
  • Lalu anda pilih Extract Current Folder pada folder Heimdall
  • Anda copy one-click unbrick dan one-click loader yang sudah anda download pada folder heimdall
  • Anda lakukan klik kanan pada pada one click loader, lalu pilih Run As Administrator
  • Anda restart komputer anda
  • Anda cabut semua komponen yang menempel pada ponsel android seperti baterai, kartu SIM dan kartu memori
  • Anda kembali memasang komponen baterai, kartu SIM dan kartu memori pada ponsel android anda.
  • Anda tekan tombol power + volume bawah + home secara bersamaan, kemudian anda masuk pada mode download.
  • Selesai.

Apabila langkah di atas sudah anda coba tapi belum memberikan hasil yang baik pada ponsel android anda, sebaiknya anda segera membawa ponsel anda pada service center saja.

Demikian ulasan mengenai cara mengatasi android softbrick hardbrick mati total. Semoga tutorial yang dishare ini bermanfaat dan anda juga bisa menyimak ulasan seputar tips android lainnya hanya di Gageto.com. Sampai Jumpa.

Loading...
Cara Mengatasi Android SoftBrick Hardbrick Mati Total Terbaru 2018 | Gageto | 4.5