Cara Menghapus File Serbaneka Di Android

gageto.com –

Pernahkah kamu merasa jengkel saat muncul pesan “Ruangan Penyimpanan Hampir Penuh” di layar smartphone-mu? Atau pernahkah kamu kesulitan menemukan tempat untuk menyimpan foto atau video yang berharga bagimu? Jika iya, artikel ini cocok banget buatmu!

Di era digital yang terus berkembang, kita sering kali dibanjiri dengan berbagai jenis file, mulai dari foto, video, hingga dokumen. Kita sering bertanya-tanya, “Bagaimana cara membersihkan berbagai macam file di Android tanpa kehilangan data penting?” Tenang saja, artikel ini akan mengupasnya secara lengkap. Mulai dari apa itu file serbaneka, pentingnya untuk menghapusnya, hingga berbagai cara efektif untuk membersihkannya.

Daftar Isi :

Pengertian File Serbaneka

Jadi, jangan lewatkan artikel ini jika kamu ingin menjaga smartphone-mu tetap optimal dengan ruang penyimpanan yang cukup untuk hal-hal yang benar-benar penting.

Ayo, kita mulai perjalanan untuk memahami cara mudah dan efektif menghapus file serbaneka di Android!

File serbaneka ini bisa berupa dokumen seperti .pdf yang kamu unduh dari email, arsip .zip yang berisi foto liburan, atau catatan-catatan dalam format .txt yang dibuat saat rapat.

Bahkan, file-file seperti ikon gambar dalam format .png dan font keren dengan ekstensi .ttf juga termasuk dalam kategori file serbaneka ini. Dalam penggunaan sehari-hari, mungkin kamu tidak terlalu memperhatikan keberadaan mereka.

Namun, tanpa disadari, file-file ini dapat memakan ruang yang signifikan di memori internal perangkatmu.

Cara Menghapus File Serbaneka Di Android

Cara Menghapus File Serbaneka Di Android

Pentingnya Menghapus File Serbaneka

Mungkin kamu tidak menyadari, tapi smartphonemu seperti lemari yang terus diisi. Di antara barang-barang di lemari, ada kaus kaki yang sudah tidak pernah kamu pakai — itulah file serbaneka.

Mereka bisa berupa file .zip, .pdf, .txt, atau bahkan .png dan font dengan ekstensi .ttf. Mengapa ini penting untuk diperhatikan? Karena keberadaan file-file ini dapat membuat ‘lemari’ digitalmu penuh dengan hal yang tidak berguna.

Menghapus file serbaneka tidak hanya untuk menjaga kebersihan digital, tapi juga untuk menjaga kesehatan memori internal smartphone.

Bayangkan, dengan membebaskan ruang tersebut, smartphonemu akan memiliki ruang lebih untuk bernapas, dan performanya pun akan lebih optimal.

Untuk menghapus file serbaneka, kamu bisa mulai dari Pengaturan > Penyimpanan > Serbaneka. Di situ, kamu akan menemukan berbagai folder yang siap untuk dikurasi.

Kalau kamu lebih suka yang praktis, kamu bisa mencoba aplikasi pembersih seperti Clean Master.

Cukup buka aplikasi, pilih ‘Berkas Sampah’, lalu tekan ‘Lanjutan’ untuk memilih file yang siap untuk dihapus.

Bagi pengguna Xiaomi yang sudah melakukan root, Root Explorer bisa jadi pilihan yang tepat. Namun, ingat ya, langkah ini tidak cocok untuk pemula atau yang khawatir kehilangan garansi.

Sebelum kamu menghapus file, pastikan untuk memeriksanya terlebih dahulu. Siapa tahu ada file yang lebih baik disimpan di Google Drive atau disalin ke komputer atau flashdisk.

Cara Menghapus File Serbaneka Melalui Pengaturan

Membebaskan memori internal smartphone dari file yang tidak terpakai itu penting, terutama File Serbaneka.

Berikut ini cara simpel untuk menghapus file serbaneka melalui menu pengaturan pada perangkat Android kamu:

  1. Buka Menu Pengaturan: Cari ikon pengaturan di layar utama atau dalam menu aplikasi.
  2. Pilih Menu Penyimpanan: Setelah masuk ke pengaturan, cari dan ketuk opsi yang berkaitan dengan ‘Penyimpanan’. Di sini kamu bisa melihat berapa banyak memori yang sudah terpakai.
  3. Lanjutkan dengan Memilih Menu Serbaneka: Di dalam menu penyimpanan, biasanya ada opsi ‘Serbaneka’ atau ‘Lainnya’, tergantung pada versi Android kamu.
  4. Telusuri File Serbaneka: Setelah masuk ke menu serbaneka, kamu akan melihat daftar file dan folder yang mungkin tidak dikenal.
  5. Pilih File yang Ingin Dihapus: Telusuri daftar file tersebut dan pilih file yang tidak lagi diperlukan. Ketuk file tersebut untuk memilihnya.
  6. Hapus File: Setelah memilih file yang ingin dihapus, kamu akan melihat opsi untuk menghapusnya. Pastikan sekali lagi bahwa file yang akan dihapus tidak lagi kamu perlukan.

Jangan lupa, file serbaneka bisa berupa dokumen .zip, .pdf, .txt, gambar .png, dan font .ttf, jadi pastikan untuk memeriksanya sebelum menghapusnya.

Kalau file itu penting, lebih baik kamu pindahkan ke Google Drive atau perangkat penyimpanan eksternal seperti komputer atau flashdisk.

Menggunakan Aplikasi Pembersih

Untuk menjaga smartphone tetap bersih dari file yang tidak perlu, aplikasi seperti Clean Master bisa menjadi solusi yang tepat untuk menghapus file serbaneka dengan mudah. Ikuti langkah-langkah berikut:

  1. Unduh dan Pasang Clean Master: Cari Clean Master di Google Play Store, lalu instal aplikasinya.
  2. Buka Clean Master: Setelah berhasil terpasang, buka aplikasi tersebut untuk memulai.
  3. Pilih Berkas Sampah: Di halaman utama aplikasi, pilih opsi ‘Berkas Sampah’ untuk menemukan file yang tidak terpakai.
  4. Pilih Lanjutan: Di sudut kanan atas opsi ‘Berkas Sampah’, tap ‘Lanjutan’ untuk melihat detail file yang bisa dibersihkan.
  5. Pilih file serbaneka: Akan muncul daftar file yang dianggap tidak penting oleh aplikasi. Pastikan untuk memilih dengan hati-hati file yang ingin kamu hapus.
  6. Hapus file serbaneka: Setelah yakin dengan pilihanmu, tekan tombol ‘BERSIHKAN SAMPAH’ atau ‘CLEAN JUNK’ untuk menghapus file-file tersebut.

Walaupun Clean Master mudah digunakan, tetap perhatikan saat memilih file yang akan dihapus untuk menghindari kehilangan file penting. Selamat mencoba dan nikmati ruang penyimpanan lebih lega di perangkat Android kamu!

Menggunakan Aplikasi Root Explorer

Bagi pengguna Xiaomi yang sudah melakukan root, Root Explorer dapat menjadi pilihan untuk membersihkan file serbaneka secara lebih mendalam. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Konfirmasi Status Root: Pastikan smartphone Xiaomi-mu sudah di-root, karena aplikasi ini memerlukan akses root untuk berfungsi.
  2. Instalasi Root Explorer: Download dan instal Root Explorer dari sumber yang terpercaya setelah perangkat di-root.
  3. Berikan Akses Root: Ketika membuka aplikasi, berikan akses root dengan menyetujui permintaan yang muncul.
  4. Masuk ke Path Sistem: Gunakan Root Explorer untuk masuk ke dalam sistem perangkat dengan navigasi ke ‘data’, lalu ‘MIUI’, dan pilih ‘app’.
  5. Navigasi Folder: Di sini, kamu akan menemukan folder ‘customized’ dan ‘noncustomized’ di mana file serbaneka biasanya tersimpan.
  6. Bersihkan Folder: Hapus isi dari kedua folder tersebut, namun pastikan tidak menghapus folder itu sendiri untuk menghindari masalah pada perangkat.

Setelah selesai membersihkan, lakukan restart pada perangkat Xiaomi-mu untuk memastikan semuanya berjalan lancar. Periksa kembali penyimpanan untuk memastikan file-file serbaneka sudah berhasil dikurangi atau dihapus dengan benar.

Pemanfaatan Cloud Storage

Di era digital seperti sekarang, menggunakan cloud storage bukan hanya sekadar tren, tapi sudah menjadi kebutuhan yang penting. Pasti pernah dengar Dropbox, Google Drive, atau Megaupload, kan?

Ini adalah tempat-tempat di awan, alias cloud, di mana kamu bisa menyimpan data penting tanpa khawatir kehilangan saat smartphone-mu penuh atau terkena virus.

Apa saja manfaat utama menggunakan cloud storage yang membuat hidup digitalmu lebih nyaman? Yuk, kita bahas:

  1. Penyimpanan File yang Lebih Efisien dan Aman: Simpan file di cloud storage, kamu bisa lebih tenang. Beda dengan memori internal atau flashdisk, cloud storage ini seperti brankas pribadi di internet yang aman dari risiko kerusakan fisik atau serangan malware.
  2. Pengarsipan Data Menjadi Lebih Mudah: Mau simpan data penting tanpa ribet? Cloud storage adalah jawabannya. Cukup dengan koneksi internet, semua file pentingmu tersimpan rapi, siap diakses kapan pun dan dari mana pun.
  3. Berbagi Akses Penyimpanan File Menjadi Lebih Mudah: Kalau kerja tim adalah rutinitas harianmu, maka cloud storage adalah tempatnya. Berbagi file jadi sesederhana membagikan link, membuat kolaborasi jadi lebih simpel dan efisien.
  4. Privasi Lebih Terjaga: Dengan username dan password yang kuat, cloud storage seperti peti harta karun yang hanya bisa dibuka oleh pemiliknya. Data pribadi terjaga, dan kamu bisa tenang tanpa perlu khawatir.
  5. Mudah Digunakan dan Hemat Biaya: Cloud storage sangat ramah pengguna dan tidak menguras kantong. Tidak perlu beli hard disk eksternal mahal, cukup dengan koneksi internet, kamu bisa menyimpan data sebanyak yang kamu butuhkan.

Jadi, saat kamu membersihkan file serbaneka di smartphone, pertimbangkan untuk menggunakan cloud storage sebagai alternatif penyimpanan. File pentingmu akan aman terlindungi, dan smartphone-mu tetap ringan dan cepat. Win-win, kan?

Cara Menghapus File Serbaneka Di Android | Gageto | 4.5