Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android yang Hilang Terhapus

3 Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android yang Hilang Terhapus – Aplikasi bawaan android biasanya disebut dengan aplikasi bawaan vendor atau pabrik. Pada dasarnya aplikasi bawaan tersebut tidak dapat dihapus, hal ini karena aplikasi – aplikasi tersebut memang diperlukan supaya pengguna android dapat melakukan chat, sms, telepon, menggunakan email atau memasang aplikasi lain melalui playstore.

Adapun masalah terhapusnya aplikasi bawaan android dapat terjadi karena proses root android yang sudah dilakukan oleh pengguna android itu sendiri. Seperti yang di ketahui bersama bahwa proses root android ini dilakukan sebagai upaya agar pengguna smartphone, tablet dan perangkat sejenisnya memiliki izin untuk masuk ke dalam sistem android, dapat mengatur sistem kerja dari android tersebut, menambah, mengurangi atau melakukan modifikasi terhadap sistem android yang sudah ada sesuai dengan keinginan dari pengguna itu sendiri.

Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android yang Hilang dan Terhapus

Android Data Recovery

Apabila pada sistem Windows, root merupakan pemberian hak dari administrator kepada penggunanya. Penerapan pembatasan pada sistem android ini dilakukan untuk menjaga keamanan dan kestabilan sistem android, karena apabila dari awal sistem android dibebaskan untuk ditambah atau dikurangi dapat berpengaruh pada tidak dapat berjalannya smartphone atau tablet atau sejenisnya, bahkan perangkat tersebut bisa jadi sampai rusak dan mati total.

Apabila aplikasi bawaan android tersebut hilang, terdapat beberapa cara mengembalikan aplikasi bawaan android tersebut. Setidaknya terdapat 3 langkah untuk mengatasi aplikasi bawaan android yang hilang atau pun terhapus agar bisa kembali seperti semula.

3 Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android yang Hilang dan Terhapus

Aplikasi terhapus dikarenakan temporary file, aplikasi terhapus karena crash dengan aplikasi lain dan aplikasi hilang karena dihapus sendiri oleh pengguna android. Untuk lebih jelasnya di bawah ini adalah penjelasannya :

  1. Aplikasi terhapus atau hilang karena temporary file

Pada kondisi ini hilangnya aplikasi dikarenakan banyaknya cache yang menumpuk. Cache ini akan terus bertambah beriringan dengan penggunaan android. Untuk mengatasi hal tersebut, anda masuk ke menu Setting atau Pengaturan, kemudian pilih Apps atau Aplikasi, geser ke kanan lalu pilih All, pilih aplikasi yang hilang, buka aplikasi tersebut, kemudian pilih Clear Cache.

  1. Aplikasi terhapus karena crash dengan aplikasi yang lain

Pada kondisi ini aplikasi terhapus atau hilang dikarenakan crash dengan aplikasi yang lain. Pada aplikasi biasanya menggunakan superuser, dan untuk menanggulangi masalah ini anda dapat menghapus kedua aplikasi tersebut.

Baca Juga :

  1. Aplikasi hilang karena sengaja dihapus oleh pengguna

Aplikasi yang hilang karena terhapus oleh pengguna biasanya karena pengguna sudah melakukan proses root pada android. Untuk menanggulangi masalah ini anda dapat melakukan metode injek dengan cara masuk pada pengaturan aplikasi, lalu pilih system/app. Kemudian ganti pengaturannya menjadi permission.

Biasanya pengguna android melakukan root selain ingin memiliki kebebasan masuk pada sistem android, juga ingin meningkatkan performa dan kecepatan dari android itu sendiri. Selain itu melalui proses root android, para pengguna dapat menghapus aplikasi – aplikasi bawaan pabrik yang tidak digunakan, sehingga kapasitas memory yang tersisa menjadi lebih besar.

Selama anda masih merasa puas dengan fasilitas android anda, maka proses root tidak perlu dilakukan. Hal ini dapat mengurangi hilangnya aplikasi bawaan pabrik itu sendiri.

Semoga ulasan 3 Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android yang Hilang dan Terhapus dari Gageto.com ini bermanfaat dan sampai jumpa.

cara mengembalikan aplikasi kamera yang hilangaplikasi sms bawaan hp ilangcara memunculkan aplikasi bawaan android yang terhapuscara mengembakikan apk yg di luky patchercara mengembalikan aplikasi di vivodownload aplikasi web browser bawaan hp brandcode b4scara mengembalikan aplikasi pabrik yg hilang di vivo y21cara mengembalikan aplikasi sms yang hilangcara mengembalikan aplikasi telepon yang hilang di oppo a3scara mengembalikan aplikasi telepon yg terhapus
Cara Mengembalikan Aplikasi Bawaan Android yang Hilang Terhapus | Gageto | 4.5