Tips Cara Memperbaiki Kesalahan Kartu SIM Pada Ponsel

Tips Cara Memperbaiki Kesalahan Kartu SIM Pada Ponsel – Salah satu masalah yang sudah banyak terjadi diantara pengguna ponsel adalah hp tidak bisa mendeteksi kartu sim atau kartu sim tidak terbaca sehingga tidak bisa menjaring layanan operator. Untuk itu diperlukan penanganan cara mengatasi kartu sim tidak terdeteksi, rusak, dan tidak ada layanan supaya bisa kembali normal dan akses komunikasi jarak jauh dari ponsel tidak terhambat.

Kesalahan kartu SIM pada ponsel BB, Android, Windows Phone, iPhone atau ponsel lain biasanya akan ditandai dengan tidak terdeteksinya sinyal pada layar handphone.

Tips Cara Memperbaiki Kesalahan Kartu SIM Pada Ponsel

Terdapat berbagai penyebab kenapa kartu SIM tersebut tidak terdeteksi. Ketika anda tidak mendapati signal pada layar smartphone anda mungkin terdapat kesalahan pada kartu SIM anda.

Tips Cara Memperbaiki Kesalahan Kartu SIM Pada Ponsel

Ada beberapa cara untuk memperbaiki kesalahan kartu SIM, diantaranya adalah sebagai berikut :

  1. Lakukan Reset Pabrik

Ketika anda akan melakukan reset pabrik anda harus sudah melakukan back up data terlebih dahulu untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan.

Selain itu anda harus memastikan mengetahui user nama dan password akun smartphone anda, karena ketika anda masuk setelah proses reset pabrik user name dan password tersebut akan digunakan untuk dapat masuk ke dalam sistem operasi.

Apabila anda tidak ingat atau lupa maka anda tidak dapat mengakses handphone anda.

  1. Lakukan Pengecekan Sinyal

Berikut adalah cara melakukan pengecekan sinyal di ponsel:

  • Dial *#*#4636#*#*
  • Selanjutnya anda akan menemukan halaman pengujian
  • Pilih Informasi Telepon atau Perangkat
  • Lakukan tes Ping
  • Pilih PRL atau GSM Auto
  • Pilih Matikan Radio
  • Kemudian hidupkan kembali dengan memilih kembali Matikan Radio
  • Terakhir lakukan proses restart pada handphone anda.
  1. Anda Lakukan Pemilihan Operator Jaringan

Anda harus memastikan bahwa pilihan operator jaringan pada pengaturan handphone anda sudah sesuai dengan kartu SIM yang anda gunakan. Untuk mengecek penggunaan operator jaringan anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini :

  • Anda masuk ke menu Pengaturan atau Setting.
  • Pilih Jaringan, kemudian pilih Jaringan Mobile.
  • Pilih Jaringan Operator.
  • Anda tekan Cari Jaringan.
  • Tunggu sampai proses pencarian selesai. Selanjutnya akan muncul berbagai jaringan.
  • Anda pilih jaringan sesuai kartu SIM yang anda gunakan.
  1. Gunakan Mode Jaringan Otomatis

Untuk memastikan anda sudah mengatur jaringan operator menggunakan kartu SIM yang sesuai, alangkah lebih aman apabila anda menggunakan Mode Jaringan Otomatis saja. Dengan cara ini perangkat anda akan mengatur secara otomatis jaringan yang akan digunakan ada handphone anda.

Baca Jaga :

  1. Gunakan Mode Pesawat

Mode pesawat ini gunakan untuk menyetel jaringan dari awal. Jadi anda gunakan terlebih dahulu Mode Pesawat, tunggu sampai beberapa saat. Anda kembali mematikan Mode Pesawat tersebut. Sehingga perangkat anda akan mencari kembali jaringan telepon yang sesuai.

  1. Memeriksa kartu SIM

Anda matikan handphone, kemudian buka baterai dan ambil kartu SIM anda. Periksa apakah kondisi kartu SIM anda masih baik, apabila ada debu atau kotoran anda segera bersihkan kartu SIM anda. Setelah dibersihkan anda kembali memasang kartu SIM anda, kemudian pasang kembali baterai dan coba hidupkan kembali.

  1. Restart Perangkat Anda

Apabila anda tidak menemukan signal pada layar handphone anda. Anda dapat melakukan restart terhadap handphone anda terlebih dahulu kemudian perhatikan kembali signal pada handphone anda tersebut.

Nah, itulah tips cara memperbaiki kesalahan kartu sim pada ponsel dari Gageto.com yang bisa coba anda terapkan di ponsel yang anda gunakan. Selamat mencoba dan semoga bermanfaat.

cara mengatasi kesalahan akses sim pada kartu ascara mengatasi pulsa dan kuota tidak terdeteksi di maxstream
Loading...
Tips Cara Memperbaiki Kesalahan Kartu SIM Pada Ponsel | Gageto | 4.5