5 Cara Mengatasi HP Android Lemot

Cara Mengatasi HP Android Lemot Sehingga Menjadi Lebih Cepat – Sobat gageto, tentu sangat menjengkelkan sekali bukan, ketika ketika mempunya ponsel atau hp dengan performa buruk, salah satunya adalah lemot atau lola alias loadingnya lamaaaa….

Saya termasuk pernah mengalami masalah ini. HP android yang saya miliki lemot banget. Maklumlah, spek yang dimiliki hp saya mungkin rendah. Dan saya pun sadar sehingga tidak terlalu berharap terhadap performa hp tersebut.

Menurut saya banyak sekali kerugian yang kita dapatkan ketika hp android kita lemot sekali. Pertama akan banyak waktu yang terbuang sia sia, kedua kesel, ketiga lelah, keempat kelima dan seterusnya silahkan sobat pikir sendiri.

Nah, di kesempatan kali ini, saya ingin berbagi tips bagaimana mempercepat kinerja hp android kita sehingga tidak lemot atau minimal tidak terlalu lemot.

Cara Mengatasi HP Android Lemot

Cara Mengatasi HP Android Lemot

Sebelum kita bahas tips mengatasinya, perlu Anda ketahui apa penyebab hp atau ponsel android kita lemot? Dengan mengetahui sebab sebab tersebut, maka insya Allah kita bisa mengatasi dan mengobati hp lemot tersebut.

Biasanya, yang paling umum penyebab hp android lemot adalah karena memori sistem android penuh. Dan yang kedua kadang ketika ketika menggunakan kartu memori sampai penuh, bisa juga menjadi penyebab hp android kita lemot. Karena sistem membutuhkan waktu yang cukup lama untuk membaca seluruh isi kartu tersebut. Sebetulnya mungkin ada hal lain yang menjadi sebab lemotnya hp android.

Selanjutnya, kita mencoba mengatasi masalah tersebut dengan cara sebagai berikut :

1. Jika hp android kita memiliki RAM tidak mumpuni, maka janganlah terlalu banyak menginstall aplikasi. Uninstallah aplikasi yang jarang kita gunakan. Sesuaikan dengan besar RAM hp android yang Anda miliki.

2. Jangan menginstall game yang terlalu berat. Kadang, karena suka bermain game, kita memaksakan diri untuk menginstall aplikasi game tersebut padahal kondisi atau spesifikasi hp yang kita miliki tidak memungkinkan untuk menginstall game tersebut. Kalo mau bermain game, lihatlah besaran ukuran aplikasi tersebut.

3. Setelah melakukan dua langkah di atas, selanjutnya Anda bisa menginstall aplikasi cleaner. Ada banyak aplikasi cleaner yang dapat kita gunakan. Lagi lagi, sebaiknya kita juga memperhatikan besar ukuran aplikasi cleaner tersebut. Karena beberapa aplikasi tersebut memiliki ukuran yang besar bagi hp yang memiliki RAM dan ROM minimalis.

4. Setelah menemukan aplikasi cleaner yang pas, bersihkan sampah sistem di hp android Anda menggunakan app tersebut.

5. Selain kita memberikan ruangan kosong untuk sistem, sebaiknya kita juga memberikan ruangan kosong untuk kartu memori. Jangan sampai kartu memori hp tersebut terisi sampai penuh. Terutama oleh file berbentuk foto atau gambar. Hapuslah file yang tidak terlalu penting agar kartu memori tidak terlalu sesak.

Mungkin, yang perlu Anda perhatikan sebelum membeli ponsel adalah mencari tau spesifikasi yang dimiliki hp tersebut. Semakin besar RAM dan ROM maka performa sebuah ponsel biasanya akan semakin baik. Sebaliknya, semakin kecil RAM maka performa hp android semakin kurang optimal. Bukan hanya RAM saja yang menjadi penentu performa sebuah hp. Anda bisa membaca referensi lain.

Jika Anda mempunyai hp yang memiliki spesifikasi tinggi, tentu kecil kemungkinan mengalami hp lemot atau loadingnya terlalu lama.

Ok sobat gageto. Demikian informasi tentang Cara Mengatasi HP Android Lemot yang bisa saya bagikan. Semoga bermanfaat. Jika suka artikel ini, jangan lupa untuk share. Terimakasih.

5 Cara Mengatasi HP Android Lemot | Admin | 4.5

Leave a Reply